Cara Membuat Boneka Simpel dan Praktis, Cocok untuk Mainan Si Kecil di Rumah

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 7 Agustus 2020 09:03
Cara Membuat Boneka Simpel dan Praktis, Cocok untuk Mainan Si Kecil di Rumah
Inilah cara membuat boneka yang praktis dan simple untuk mengisi kegiatanmu di akhir pekan.

Boneka merupakan mainan yang paling disukai oleh anak-anak, khususnya anak perempuan. Bahkan saking sayangnya dengan boneka, biasanya mereka akan memberikan nama dan baju layaknya makhluk hidup.

Tapi, sadar nggak sih kalau sebenarnya kamu juga bisa belajar cara membuat boneka sendiri untuk si kecil daripada membelinya? Ya selain lebih hemat, kamu juga bisa melatih keterampilan dan kreatifitas anak.

Nah, kalau kamu pengin mencoba dan belajar cara membuat boneka, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Boneka dari Kain Flanel

Cara Membuat Boneka © Diadona

Memanfaatkan kain flanel memang tak pernah ada habisnya. Yaps, pasalnya kain yang satu ini memang bisa dijadikan berbagai kerajinan tangan, mulai dari gelang tangan hingga bros dari flanel.

Untuk kali ini manfaat dari kain yang satu ini juga bisa digunakan sebagai cara membuat boneka lho. Penasaran kan bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Cara membuat boneka dari kain flanel cukuplah mudah, sebab kamu hanya memerlukan alat dan bahan yang sederhana seperti benang sulam, dacron, gunting, jarum jahit, klip, dan 4 buah kancing ukuran 3/4 inci.

2. Setelah semua alat dan bahan terkumpul, langkah pertama cara membuat boneka ialah dengan membuat pola yang berupa badan dan pakaian di atas kertas. Kemudian, print pola tersebut lalu potong 2 lembar kain flanel cokelat muda mengikuti pola badan boneka.

3. Selanjutnya mulailah untuk menempel mata dan hidung boneka pada selembar potongan badan yang nantinya akan jadi bagian depan. Kamu bisa menjahitnya dengan benang sulam di bagian kepala, dan jangan lupa membuat mulut dengan teknik sederhana menggunakan benang.

4. Setelah itu, jahit kedua potongan badan boneka dengan jarum pentul atau jepitan untuk menahan kedua potongan badan tersebut lebih mudah dijahit. Ohya, sisakan sedikit lubang untuk tempat mengisi isian boneka, ya.

5. Untuk isi badan, kamu bisa memasukkan potongan-potongan dengan kapas atau dacron agar terlihat lebih berisi. Kalau sudah, jangan lupa jahit kembali lubang tersebut ya, Moms.

6. Terakhir, cara membuat boneka ialah memberikan pakaian agar terlihat lebih menarik. Caranya, cukup lipat kain flanel menjadi dua untuk memotong celah lubang kancing. Taraa! boneka buatanmu siap dimainkan, gampang kan?

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Boneka dari Kaos Kaki

Cara Membuat Boneka © Diadona

Selain menggunakan kain flanel, kamu juga bisa memanfaat kaos kaki sebagai cara membuat boneka. Jadi, kalau kamu punya kaos kaki yang masih bagus tapi sudah tidak dipakai, jangan langsung dibuang ya.

Untuk itu, berikut cara membuat boneka dari kaos kaki yang mudah dan sederhana.

1. Langkah pertama membuat boneka dari kaos kaki adalah persiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu, seperti 1 buah kaos kaki, benang, jarum, gunting, lem tembak, dakron, dan pernak-pernik lainnya.

2. Selanjutnya, gunting kaos kaki tersebut menjadi dua di bagian mata kaki. Lalu, buat simpul pada potongan yang panjang dengan cara membalikkan kaos kakinya supaya simpul berada di dalam.

3. Isi kaos kaki dengan dakron sampai membentuk bulatan, kemudian masukkan gelang atau cincin kecil sebagai batas antara tubuh dan kepala. Lalu, simpul bagian atasnya.

4. Cara membuat boneka selanjutnya ialah dengan memberikan manik-manik bulat dan jahit untuk membuat mata serta hidung. Kamu bisa menambahkan potongan kain sebagai syal di boneka seperti boneka salju. Selesai.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Boneka dari Kain Perca

Cara Membuat Boneka © Diadona

Seperti yang diketahui, kain perca merupakan kain sisa yang biasanya sudah tidak dimanfaatkan dan akan dibuang. Tapi, dengan kreatifitas tinggi, kamu bisa membuat kain perca menjadi sebuah boneka lho.

Ya meskipun kelihatannta kain perca ini lusuh, tidak menarik dan banyak motif yang berbeda, justru ini akan membuat boneka buatanmu berbeda dengan yang ada di toko. Lalu, bagaimana cara membuat boneka dari kain perca? Berikut ulasannya.

1. Pertama, siapkan alat dan bahan-bahannya terlebih dahulu, seperti gunting, jarum jahit, benang sulam, kain perca, manik-manik, dacron, dan kancing baju.

2. Setelah  itu, buatlah pola boneka sesuai apa yang kamu inginkan lalu tempel pada kain perca dan potonglah pola tersebut dengan menggunakan gunting. Usahakan memotongnya yang rapi ya, supaya boneka yang dibuat juga terlihat lebih rapi.

3. Cara membuat boneka yang selanjutnya ialah jahit beberapa kain pola yang sudah dibuat. Proses ini memang sedikit rumit, jadi kamu harus telaten dan sabar. Jadi saat sudah selesai dijahit nanti kainnya akan dibalik, dan jahitan akan berada di dalam boneka.

4. Sisakan sekitar 4-5 cm di samping tubuh boneka untuk memasukkan isi boneka dengan dacron. Selain itu, fungsi dari bagian yang belum dijahit adalah untuk membalik kain perca.

5. Terakhir, jahit lubang yang kamu gunakan untuk memasukkan isi. Selesai. Ohya, kamu juga bisa menambahkan hiasan boneka bermacam-macam sesuai kreatifitasmu ya. Gampang kan?

Itulah cara membuat boneka yang simple dan praktis untuk mainan si kecil di akhir pekan. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar