Cara Membuat Slime dari Sunlight dan Shampo, untuk Mainan Si Kecil yang Praktis dan Murah

Family | Kamis, 30 Juli 2020 11:46
Cara Membuat Slime dari Sunlight dan Shampo, untuk Mainan Si Kecil yang Praktis dan Murah

Reporter : Novi Hardita Larasati

Cara membuat slime dari sunlight bisa jadi alternatif lain untuk mainan anak yang hemat biaya.

Masih ingat artikel sebelumnya yang membahas membuat slime untuk mainan anak? Yaps, kali ini kami akan membahasnya kembali namun dengan step yang berbeda, yakni cara membuat slime dari sunlight.

Sebelum membuat slime dari sunlight, alangkah baiknya kamu juga paham tentang mainan anak yang satu ini. Slime merupakan mainan unik yang terbuat dari bahan polimer yang berbentuk cairan kental seperti jelly.

Selain untuk si kecil, ternyata para remaja pun tak mau ketinggalan untuk mencoba mainan yang satu ini. Bentuknya yang kenyal, membuat orang-orang gemas untuk terus meremas-remasnya hingga emosinya bisa tersalurkan.

Untuk itu, berikut cara membuat slime dari sunlight yang bisa dipraktikkan di rumha, yang telah dilansir dari berbagai sumber.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Slime dari Sunlight dan Shampo

 Cara Membuat Slime dari SunlightCara Membuat Slime dari Sunlight © shutterstock.com/KlavdiyaV

Maraknya permainan ini, sehingga membuat beberapa orang mulai berpikir untuk membuatnya sendiri di rumah daripada beli. Selain praktis, kamu juga bisa mengajarkan anak dalam mengembangkan kreativitasnya.

Langsung saja, berikut cara membuat slime dari sunlight dan shampo:

- Tahap pertama adalah siapkan bahan dan alat-alatnya terlebih dahulu, seperti wadah plastik, sabun cair sunlight, spatula atau sendok plastik, dan shampo.

- Kalau semua bahan sudah terkumpul, masukkan shampo merk apapun dan sunlight ke dalam wadah dengan perbandingan 2:1.

- Selanjutnya, aduk kedua adonan tersebut dengan spatula atau sendok plastik selama 2 menit hingga tercampur rata.

- Kemudian masukkan adonan ke dalam freezer atau lemari es selama 10-20 menit. Tunggu slime hinggal mengental. Taraaa! Slime dari Shampo siap dimainkan, gampang kan?

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Slime dari Sunlight dan Garam

 Cara Membuat Slime dari SunlightCara Membuat Slime dari Sunlight © shutterstock.com/DiandraNina

Selain cara membuat slime dari sunlight dan shampo, kamu juga bisa membuat slime menggunakan bahan-bahan rumah lainnya, seperti garam. Untuk itu siapkan shampo merek apapun, sunlight, garam halus, tepung terigu, dan minyak goreng.

- Langkah pertama adalah, tuangkan 2sdm tepung terigu dan 2sdm sunlight ke dalam wadah yang sudah kamu siapkan, lalu aduk semuanya hingga bahan tercampur dengan rata dan mengental.

- Setelah itu, tambahkan minyak goreng supaya adonan tidak lengket. Kalau ingin lebih wangi kamu bisa mengganti minyak goreng dengan baby oil.

- Terakhir, aduk semua adonan tersebut hingga rata dan tambahkan pewarna makanan agar telihat lebih menarik.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Slime dari Sunlight dan Bedak

 Cara Membuat Slime dari SunlightCara Membuat Slime dari Sunlight © shutterstock.com/jarabee123

Untuk perkembangan anak, setiap orang tua pasti memiliki cara tersendiri agar anaknya tetap aktif dengan cara bermain dan berkrasi. Sehinga salah satu meningkatkan kreativitas pada anak yang bisa kamu coba ialah dengan mencoba membuat slime dari sunlight dan bedak.

Sebelum membuatnya, bahan-bahan dan peralatan yang harus kamu siapkan terlebih dahulu adalah ½ – 1 botol bedak bayi, 4sdm baby oil, dan pewarna makanan.

- Cara membuat slime dari sunlight dan bedak yang pertama adalah masukkan 3sdm bedak bayi dan 3sdm sunlight ke dalam wadah plastik, lalu aduk semuanya sampai tercampur dengan rata dan mengental.

- Selanjutnya, tambahkan baby oil dan aduk kembali sampai tercampur rata. Ohya, pastikan adonan slime apakah sudah pas kekentalannya.

- Setelah slime memiliki kekentalan yang baik, tambahkan pewarna makanan supaya terlihat lebih berwarna, lalu pindahkan pada wadah tertutup dan diamkan selama 1 jam. Selesai. Gampang kan?

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Slime dari Sunlight Tanpa Lem

 Cara Membuat Slime dari SunlightCara Membuat Slime dari Sunlight © shutterstock.com/Alexey Spirin

Kalau sebelumnya membahas tentang membuat slime dengan lem, kali ini kami akan menjelaskan cara membuat slime dari sunlight tanpa lem yang aman untuk si kecil.

Adapun bahan dan alat-alat yang perlu kamu siapkan ialah air hangat 400ml, tepung kanji 12 sdm, sunlight, pewarna makanan, dan baby oil.

- Kalau sudah terkumpul semua, langkah pertama dalam membuat slime dari sunlight ialah masukkan tepung kanji ke dalam magkok plastik.

- Setelah itu, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk agar adonan tidak menggumpal. Kemudian, tambahkan sunlight dan baby oil hingga kekentalannya pas.

- Terakhir, tambahkan pewarna makanan ke dalam adonan agar terlihat lebih menari. Tara! Slime buatanmu sendiri udah jadi deh. Cantik, kan?

Itulah cara membuat slime dari sunlight dan garam, yang bisa kamu praktikkan dirumah saat weekend bareng keluarga. Semoga bermanfaat!

Join Diadona.id