Cara Membuat Slime dengan Dua Bahan dan Mudah yang Bisa Dipraktikkan untuk Anak di Rumah

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 16 Juli 2020 10:06
Cara Membuat Slime dengan Dua Bahan dan Mudah yang Bisa Dipraktikkan untuk Anak di Rumah
Ternyata cara membuat slime gampang banget, ya?

Semenjak maraknya permainan anak slime, sehingga membuat sebagian orang mencari cara membuat slime melalui Youtube ataupun platform lainnya.

Permainan anak asal Inggris yang memiliki tekstur lembek, kenyal, dan lentur seperti lendir ini dianggap oleh kebanyakan orang digunakan untuk pereda emosi.

Sehingga, tak sedikit orang yang mencari cara membuat slime karena memang tak ada keahlian khusus untuk bisa memainkannya. Sebab, slime cukup ditarik-diremas, dikepal, pokoknya sesuka kamu saja deh mainnya gimana.

Nah, daripada kamu semakin penasaran dengan bentuk slime, langsung saja simak ulasan cara membuat slime di bawah ini yang telah dirangkum di beberapa sumber, untuk dipraktikkan di rumah bersama keluarga.

1 dari 6 halaman

Cara Membuat Slime dengan 2 Bahan

Cara Membuat Slime © Diadona

1. Susu Cair dan Tepung Maizena

Apa jadinya kalau susu cair yang biasa kamu minum ternyata bisa dibuat sebagai adonan slime? Mungkin nggak cuma kamu aja yang terheran-heran, faktanya susu cair memang bisa dibikin slime loh.

Cara membuat slime dengan dua bahan kali ini menggunakan campuran susu cair dan tepung kanji, caranya pun cukup mudah kok guys. Pertama, kamu siapkan bahan yang dibutuhkan seperti susu cair (merk bebas), susu kental manis dan dicampur dengan tepung kanji serta ¼ sdm air, lalu panaskan dengan api kecil.

Selanjutnya, masukkan bubuk vanilla ke dalam adonan, tambahkan tepung maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai adonan membentuk tekstur kental. Setelah itu panaskan lagi di atas kompor, lalu matikan api dan tunggu sampai dingin.

Setelah dingin tambahkan pewarna makanan agar warna slime terlihat lebih menarik. Terakhir, masukkan ke dalam kulkas. Selesai.

2 dari 6 halaman

Cara Membuat Slime © Diadona

2. Bedak Bayi dan Baby Oil

Cara membuat slime dengan dua bahan selanjutya ialah bedak bayi dan baby oil. Langsung saja, pertama-tama kamu siapkan 1 botol bedak bayi, baby oil, serta pewarna. Setelah itu tuangkan 1 botol bedak bayi, ¼ sdm baby oil, dan menambahkan air sedikit demi sedikit.

Lalu, aduk adonan tersebut hingga mencapai tekstur kental, jangan lupa tambahkan pewarna agar slime yang kamu buat terlihat begitu cantik.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Slime © Diadona

3. Tepung Kanji dan Minyak Goreng

Selain menggunakan bedak bayi, cara membuat slime dengan dua bahan selanjutnya adalah dengan minyak goreng dan tepung kanji. Eits, tapi tepungnya nggak digoreng loh ya.

Langsung saja, pertama kamu siapkan bahan-bahan seperti tepung kanji, minyak goreng, air, dan pewarna. Lalu, siapkan baskom untuk menuangkan tepung kanji ke dalamnya, dan beri air sedikit demi sedikit.

Setelah itu, aduk secara perlahan sampai rata, kemudian tuangkan minyak goreng sedikit saja sambil di aduk. Terakhir, beri pewarna dan jang lupa masukan ke dalam kulkas sampai tekstur slime menjadi lengket dan tidak terlalu lembek.

4 dari 6 halaman

Cara Membuat Slime dengan Lem Fox

Cara Membuat Slime © Diadona

Selain menggunakan dua bahan di atas, cara membuat slime dengan lem fox pun bisa kamu coba di rumah untuk menemani saat merasa bosan dengan rutinitas yang telah kamu jalani.

Cara membuatnya pun cukup mudah, pertama-tama siapkan 3 sdm lem fox, air 3 sdt, obat tetes mata 8 tetesm baking powder 1 sdt, baby oil 2 sdt, sabun cair 2 sdt, dan pewarna makanan. Setelah itu masukan lem fox ke dalam baskom yang berisikan air bersih, lalu ambahkan baking powder ke dalam adonan, aduk hingga rata.

Selanjutnya, tambahkan obat tetes mata, sabun cair, dan pewarna makanan sambil di aduk. Terakhir, masukkan baby oil ke dalam adonan tersebut, aduk hingga rata sampai tekstur slime menjadi lengkat.

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Slime dengan Shampoo

Cara Membuat Slime © Diadona

Bahan yang harus disiapkan cara membuat slime dengan shampoo adalah sabun mandi, garam, mangkuk, sendok, 280 gram tepung maizena, 120 milliliter sampo, 6 sendok makan air, pewarna makanan, dan glitter (opsional).

Pertama, tuangkan shampoo berwarna putih atau transparan ke dalam wadah kecil (pilih shampoo dengan konsistensi kental), sebanyak 2 sendok makanan dan tambahkan 1-2 tetes pewarna makanan.

Kedua, tambahkan pasta gigi ke dalam adonan tersebut untuk memberikan sedikit aroma mint, takarannya yaitu ¼ (satu sendok teh pasta gigi) dari banyaknya shampoo yang digunakan, lalu aduk rata sekitar satu menit.

Setelah semua bahan tercampur, dinginkan adonan slime selama 10-60 menit, jika masih terlihat encer, masukkan ke dalam kulkas selama sekitar 50 menit. Kalau sudah, keluarkan adonan mulai giling dan remas slime tersebut menggunakan jari hingga teksturnya kembali terasa lembut dan elastis.

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Slime Tanpa Gom

Cara Membuat Slime © Diadona

Kalau selama ini kamu khawatir akan kandungan kimia yang digunakan pada slime, kamu juga bisa membuat slime tanpa slime activator atau GOM. Bahkan, kamu juga bisa mengganti slime activator atau GOM dengan tepung kanji.

Untuk itu, cara membuat slime tanpa gom ialah siapkan kurang lebih 2 gelas tepung kanji, minyak goreng, 400 ml air bersih, dan minyak goreng. Lalu, masukkan tepung kanji ke dalam wadah, tambahkan air perlahan-lahan sambil diaduk dengan sendok ataupun tangan.

Kalau sudah mendapat kekenyalan dan elastis yang pas, masukkan sedikit minyak goreng, dan aduk kembali hingga tercampur rata. Terakhir, tambahkan pewarna makanan sesuai selera, lalu diamkan slime beberapa saat. Yuhuuu, slime siap dimainkan!

Itulah rangkaian cara membuat slime dengan bahan-bahan yang bisa kamu dapatkan di sekitarmu dengan mudah dan aman untuk dipraktikkan bersama keluarga. Semoga berhasil!

Beri Komentar