Cara Mendidik Anak yang Baik dan Benar Menurut Islam Sejak Usia Dini

Reporter : Novi Hardita Larasati
Sabtu, 19 September 2020 08:25
Cara Mendidik Anak yang Baik dan Benar Menurut Islam Sejak Usia Dini
Inilah cara mendidik anak yang baik sejak kecil agar patuh di kehidupan sehari-hari.

Mendidik anak sejak balita ialah tugas orangtua yang paling sulit. Sebab, usia balita merupakan masa di mana si kecil masih ingin bebas melakukan hal sesukanya. Sehingga  berbagai cara yang ditempuh setiap orangtua pun berbeda-beda. Ada yang lebih sabar, cenderung marah-marah atau bahkan melibatkan kekerasan seperti menjewer, membentak, atau memukul.

Hal tersebut jangan dibiarkan terjadi terus menerus ya, karena bisa membuat anak semakin membangkang dan kabur dari tanggung jawab. Lalu, bagamana cara mendidik anak yang baik dan tepat agar si kecil mau mendengar perkataanmu dan pasangan?

Yuk, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber yang bisa kamu terapkan dalam cara mendidik anak yang baik.

1 dari 4 halaman

Cara Mendidik Anak yang Baik Menurut Islam

Cara Mendidik Anak yang Baik © Diadona

Bagi setiap orangtua, mendidik anak perlu diajarkan sejak dini. Sebab, cara mendidik anak bakal berpengaruh kepada akhlak dan masa depan sang anak. Untuk itu, berikut cara mendidik anak yang baik menurut Islam yang sesuai dengan ajaran nabi dan Al-Quran.

1. Memperdengarkan Al-Quran Sejak Lahir

Langkah pertama cara mendidik anak yang baik menurut Islam ialah membiasakan kepada si kecil untuk memperdengarkan bacaan Al-Quran setiap hari. Hal ini bertujuan agar sang anak terbiasa dengan lantunan setipa ayat firman Allah.

2. Mengajarkan Dasar-Dasar Islam

Cara mendidik anak yang baik menurut Islam berikutnya adalah dengan mengajarkan dasar-dasar Islam. Bahkan, dalam kitab Al-Amali dari Imam Al-Baqir dan Imam ash Shadiq, mengatakan mengenai tahap awal mengenalkan anak pada Allah SWT.

Disebutkan bahwa pada usia 3 tahun, ajarkanlah kalimat Tauhid " LAILA HA ILLALLAH" sebanyak 7 kali. Setelah itu, saat menginjak usia 3 tahun 7 bulan, ajarkanlah anak dengan kalimat MUHAMMADAR RASULLULLAH" .

2 dari 4 halaman

3. Mengajarkan Salat

Cara Mendidik Anak yang Baik © Diadona

Selain mengajarkan dasar-dasar Islam, kunci utama dalam cara mendidik anak yang baik ialah dengan mengajarkan salat dan memberikan contoh yang baik. Sebab, anak adalah peniru ulung orangtua.

Sehingga, kalau anak sudah terbiasa melihat orangtuanya salat dan meniru setiap gerakannya, kelak akan lebih mudah untuk diajari.

4. Membiasakan Bersikap Sederhana

Membiasakan anak untuk bersikap sederhana dalalm cara mendidik anak yang baik menurut Islam merupakan salah satu penerapan yang dilakukan oleh tauladan Rasulullah SAW.

Selain itu, Rasulullah juga pernah mengajarkan untuk menggunakan pakaian yang sederhana dan yang menampakkan kesombongan.

5. Ajarkan Sedekah dan Berbagi

Salah satu kunci utama dalam cara mendidik anak yang baik menurut Islam adalah dengan mengajarkan sang anak untuk sedekah dan berbagi kepada orang yang mampu ataupun tidak.

3 dari 4 halaman

Cara Mendidik Anak yang Baik dan Benar

Cara Mendidik Anak yang Baik © Diadona

Mendidik anak bukanlah hal yang mudah. Sebab, setiap anak pasti memiliki karakteristik, kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Sehingga wajar saja kalau dalam mengarahkan anak, mereka tidak mau untuk mendengar dan mengikutinya.

Sehingga dengan menerapkan didikan yang benar, maka akan membantu anak tumbuh menjadi pribadi yang baik. Bahkan sikap baik yang dimilikinya pun bisa membantunya saat dewasa nanti, terlebih saat sang anak sudah memiliki banyak teman di sekolah, kampus, hingga lingkungan pekerjaan.

Nah, kalau kamu penasaran bagaimana cara mendidik anak yang baik dan benar, yuk simak rangkumannya di bawah ini.

1. Ajarkan Komunikasi yang Baik pada Anak

Cara mendidik anak yang baik dan benar yang pertama ialah dengan mengajarkan cara berkomunikasi yang baik. Sebab, seperti yang diketahui bahwa anak sangat cepat mencerna bahkan meniru apa yang dikatakan orang lain terhadapnya.

Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam mengeluarkan kata-kata negatif dan ambigu kepadanya. Sebab hal tersebut bisa saja akan dipikirkan anak, dan mempengaruhi mentalnya kelak.

2. Selalu Memanggil dengan Sebutan Nama ke Anak

Cara mendidik anak yang baik dan benar yang satu ini juga sudah mulai sering digunakan, yaitu memanggil anak dengan sebutan nama. Dengan begitu, nantinya akan membuat sang anak merasa dianggap dan dihargai oleh orang tua.

Selain itu, hindari untuk berteriak karena ini bukanlah cara mendidik anak yang baik dan benar. Jika kebiasaan ini dilakukan, justru akan membuat si kecil merasa kesal dan takut kepada kamu dan malah tidak ingin mendengarkan perkataanmu.

4 dari 4 halaman

3. Berikan Apresiasi dan Pujian Saat Anak Melakukan Sesuatu yang Baik

Cara Mendidik Anak yang Baik © Diadona



Langkah ketiga dalam cara mendidikan anak yang baikk dan benar adalah dengan memberikan apresiasi dan pujian saat anak berhasil melakukan sesuatu yang baik. Sebab dengan memberikan apresiasi dan pujian, tentu akan membuat anak bangga, dan akan mengulangi kegiatan baik tersebut.

4. Ajarkan Pengetahuan Tentang Kejahatan Seksual

Meski masih kecil, pengetahuan tentang seksual juga menjadi salah satu cara mendidikan anak yang baik dan benar loh. Pasalnya, kejahatan seksual pada anak tergolong tinggi, bahkan pelakunya sendiri ialah orang-orang terdekat.

Sehingga, kamu bisa memberikannya pengetahuan tentang ciri-ciri kejahatan seksual itu seperti apa, akibatnya, hingga cara mencegahnya.

5. Kenali Pemicu Emosi Pada Anak

Kunci utama dalam cara mendidik anak yang baik dan benar adalah orang tua harus tahu kapan dan penyebab anak sedang merasa kesal atau marah terhadap sesuatu. Misalnya seperti, kalau anak sedang marah, coba berikan waktu untuknya tenang dan biarkan ia menjelaskan apa yang menyebabkannya marah.

Setelah anak merasa tenang, kamu bisa berbicara padanya, misalnya memberi perintah atau mengajarkan sesuatu.

Itulah cara mendidik anak yang baik dan benar menurut Islam yang bisa kamu terapkan saat ini juga. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar