Cara Mudah Membersihkan Hidung Bayi yang Tersumbat dengan Tips Rumahan

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 13 Oktober 2020 07:37
Cara Mudah Membersihkan Hidung Bayi yang Tersumbat dengan Tips Rumahan
Yuk, ikuti tipsnya untuk atasi hidung tersumbat pada bayi.

Merawat bayi sudah menjadi tugas kita sebagai orang tua. Setelah lahir bayi tentu belum bisa melakukan segalanya sendiri dan bergantung pada kita.

Salah satu hal penting yang harus kita lakukan adalah menjaga kebersihan bayi. Hal ini harus diperhatikan karena bayi masih rentan terkena penyakit.

Masalah hidung tersumbat merupakan kondisi yang dialami oleh banyak bayi. Hal ini nggak jarang bikin mereka jadi rewel.

Dilansir dari Parents, masalah hidung tersumbat pada bayi ini tergolong nggak mengkhawatirkan. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh alergi, udara kering, atau infeksi virus biasa seperti flu.

Tapi tentu bayi nggak bisa membersihkan lendir di hidungnya sendiri. Makanya kita bisa membantu mereka dengan beberapa cara rumahan ini.

1 dari 4 halaman

Uap kamar mandi

ilustrasi kamar mandi © Diadona

Sebelumnya gunakan kamar mandi terlebih dahulu menggunakan air panas selama beberapa menit. Setelah kamar mandi beruap, bawa bayi ke dalam kamar mandi untuk duduk sebentar.

Saat anak mengalami hidung tersumbat, cara ini akan membantu mereka mengencerkan lendir di lubang hidungnya. Namun jangan mandi air panas bersama bayi karena air bisa membuat mereka melepuh.

2 dari 4 halaman

Nyalakan pelembab udara

Humidifier © Diadona

Udara kering bisa menyumbat hidung bayi. Untuk itu, menjaga kelembapan udara di ruangan dapat membantu meredakan dan mencegah sesak.

Kita bisa menggunakan humidifier untuk mengatasi hal ini. Jangan lupa menjaga kebersihan humidifier untuk mencegah tumbuhnya jamur.

3 dari 4 halaman

Pastikan anak terhidrasi dan istirahat cukup

Ilustrasi Menyusui © Diadona

Bayi mungkin membutuhkan lebih banyak waktu untuk tidur saat mereka sakit. Jadi jangan sampai kita mengabaikan rutinitas tidur keluarga.

Selain itu, pastikan kebutuhan bayi akan ASI atau susu formula tetap terpenuhi. Hal ini untuk mencegah bayi mengalami dehidrasi.

4 dari 4 halaman

Yang perlu dilakukan jika nggak berhasil

Ilustrasi Dokter © Diadona

Hidung mampet pada bayi memang kondisi yang nggak perlu dikhawatirkan. Kondisi ini biasanya nggak mengarah pada hal yang serius.

Namun sebaiknya kunjungi dokter jika anak sudah mengalami kesulitan bernapas, mengigau, sulit makan, atau demam. Dokter mungkin bisa segera mengatasi masalah hidung tersumbat bayi agar nggak semakin parah.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu ya!

 

Beri Komentar