Cara Mudah Menghafal Al Quran dengan Cepat yang Bisa Dipraktikkan pada Anak Sejak Dini

Reporter : Novi Hardita Larasati
Sabtu, 5 September 2020 07:04
Cara Mudah Menghafal Al Quran dengan Cepat yang Bisa Dipraktikkan pada Anak Sejak Dini
Inilah cara mudah menghafal al quran dengan baik agar tidak cepat lupa.

Bagi umat Islam, salah satu amalan paling baik yang diraih ialah menghafal Al Quran. Pasalnya, banyak sekali keutamaan yang didapatkan kalau menjadi penghafal Al Quran, diantaranya adalah memberikan mahkota di Surga untuk orang tua, serta terbebas dari siksa neraka.

Namun, menghafal Al Quran bukanlah pekerjaan yang mudah. Bahkan kamu harus membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menghafal satu surat.

Sehingga, kalau kamu tidak pandai memanfaatkan waktu, maka segala cara mudah menghafal Al Quran yang kamu lakukan hanya berakhir menjadi keinginan belaka.

Tapi, kamu nggak usah khawatir. Sebab, kami akan memberikan tips bagaimana cara mudah menghafal Al Quran dengan baik dan benar yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Mudah Menghafal Al Quran

Cara Mudah Menghafal © Diadona

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa keutamaan seseorang menjadi penghafal Al Quran adalah niscaya di akhirat kelak akan mendapatkan Tasyrif Nabawi atau penghargaan khusus dari Nabi.

Sehingga, untuk meraih keutamaan ayat-ayat Allah SWT ini, sebagian umat Islam akan memiliki niat yang besar untuk memulai hafalan Al Quran. Sayangnya, tidak sedikit orang yang paham bagaimana cara mudah menghafal Al Quran dengan tepat agar tidak mudah lupa.

Untuk itu, berikut cara mudah menghafal Al Quran yang bisa kamu ajarkan pada anak di usia dini sebagai bekalnya nanti.

1. Meluruskan Niat

Sebelum memulai membaca Al Quran, niat menjadi hal yang paling utama dalam cara mudah menghafal Al Quran. Sehingga, niatkan terlebih dahulu dalam menghafal Al Quran untuk beribadah serta ingin mendapatkan pahala terbaik di sisi Allah.

Dengan niat yang lurus dan hati ikhlas karena Allah, maka rasa malas, lelah, dan perasaan sulit tidak akan jadi penghalang dalam menghafal Al Quran.

2 dari 4 halaman

2. Melaksanakan Sholat Hajat

Cara Mudah Menghafal © Diadona

Langkah kedua cara mudah menghafal Al Quran adalah melaksanakan salat Hajat. Jadi, setelah meluruskan niat karena mengharap ridho dan pahala Allah, hendaknya kamu melaksanakan sholat hajat sebelum mulai menghafal Al Quran dengan cepat dan tepat.

3. Memperbaiki Bacaan

Cara mudah menghafal Al Quran berikutnya adalah sebaiknya kamu memperbaiki bacaan. Hal ini dilakukan agar kamu terhindar dari sala baca yang membuat kekeliruan.

Sehingga pada saat belajar membaca Al Quran masih banyak yang keliru, hal ini akan membuat pahala berkurang.

3 dari 4 halaman

4. Menggunakan 2 Metode Menghafal Al Quran

Cara Mudah Menghafal © Diadona

Pada umumnya, metode atau cara mudah menghafal Al Quran banyak sekali yang bisa kamu tiru. Namun, ada dua opsi utama dalam menghafal Alquran dengan tepat dan cepat bagi pemula.

Adapun dua opsi tersebut adalah:

- Menghafal per Halaman

Saat anak belajar cara mudah menghafal Al Quran, pertama cobalah membaca dengan satu halaman tapi di baca dan di hafal sebanyak tiga sampai sepuluh kali. Setelah hafal satu halaman, kamu bisa melanjutkan ke halaman berikutnya.

- Menghafal per Ayat

Selain membaca per halaman, cara mudah menghafal Al Quran dengan cepat dan tepat ialah hafalkan tiga sampai sepuluh kali bacaan surat secara tartil.

5. Menyetorkan Hafalan di Hadapan Qori yang Lebih Mahir

Saat si kecil mulai merasa berhasil menghafal satu ayat, surat, maupun juz, maka segera lah menyetorkan kepada seseorang yang memiliki bacaan bagus dan faham ilmu tajwid seperti imam-imam masjid ataupun guru tahfiz yang dekat dengan rumahmu. Sebab hal ini dianggap sebagai salah satu cara mudah menghafal Al Quran dengan baik.

4 dari 4 halaman

6. Mengutamakan Durasi

Cara Mudah Menghafal © Diadona

Cara mudah menghafal Al Quran selanjutnya ialah dengan mengutamakan durasi hafalan. Artinya, berkomitmenlah pada durasi kamu biasa menghafal, bukan pada jumlah ayat yang harus dihafal.

Misalnya kalau kamu biasanya menghafal selama dua jam setiap hari, maka lakukan secara konsisten dengan dua jam tersebut. Dengan begitu, si kecil pun tidak memberi tekanan kepada otak yang harus menghafal terlalu lama.

7. Mengulangi Hafalan Setiap Waktu Sholat

Selain mengatur durasi hafalan, cara mudah menghafal Al Quran yang tidak boleh terlewatkan ialah mengulangi hafalan sebelum atau sesudah waktu sholat. Langkah ini bisa kamu lakukan dengan menysihkan waktu minimal 15 menit.

8. Banyak Mendengar Murotal

Salah satu cara mudah menghafal Al Quran dengan cepat dan tepat ialah mendengarkan murotal. Namun, untuk metode yang satu ini disarankan untuk mendengar murotal dengan irama yang lambat tapi indah, seperti bacaan As-Syaikh, Musyari, dan Al-afasy.

Itulah cara mudah menghafal Al-Quran dengan cepat dan tepat agar tidak mudah lupa. Semoga dengan menghafal Al-Quran, si kecil bisa memperoleh syafaat Al-Quran yang tiada duanya ya, Moms. Selamat mencoba!

Beri Komentar