Cara Parenting Orang Tua Dulu yang Tak Perlu Diulangi Sekarang

Reporter : Riza Umami
Kamis, 6 Mei 2021 06:17
Cara Parenting Orang Tua Dulu yang Tak Perlu Diulangi Sekarang
Beberapa gaya parenting orang tua dulu yang sebaiknya tak diulangi dalam mendidik anak sekarang.

Gaya parenting orang tua zaman dulu dan sekarang memang banyak perbedaannya. Di zaman sekarang, ibu sudah sangat dimudahkan untuk mengakses berbagai informasi seputar parenting baik dari buku, website, media sosial atau yang lain sebagainya.

Meski mungkin beberapa dari kita sudah terbiasa dengan gaya parenting orang tua di masa lalu, tetapi memang ada beberapa yang sebaiknya tidak diulangi saat membesarkan dan mendidik anak-anak kita sekarang.

1 dari 4 halaman

Dilansir dari salah satu postingan di akun Instagram @parentalk.id, berikut ini beberapa gaya parenting ibu zaman dulu yang tak perlu diulangi lagi saat mendidik anak sekarang.

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Yang pertama yaitu merasa bahwa orang tualah yang paling benar. Biasanya, orang tua yang seperti ini tak akan merasa meski dia berbuat salah kepada anaknya. Dia pun tak pernah minta maaf kepada sang anak meski sudah menyakitinya.

2 dari 4 halaman

Yang kedua yaitu orang tua kurang menunjukkan kasih sayangnya pada anak baik karena malu, jarang ada waktu untuknya atau alasan yang lainnya. Hal ini tentu saja akan menyebabkan hubungan antara orang tua dan anak pun jadi tak dekat dan ada celah besar di antara keduanya.

Yang ketiga, sejumlah orang tua zaman dulu mungkin sulit untuk percaya kepada anaknya. Mereka selalu menganggap anaknya ini tak tahu apa-apa dan tak mempertimbangkan perkataan anaknya sama sekali.

3 dari 4 halaman

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Yang keempat yaitu ibu yang begitu mudah marah dan membentak anaknya. Terkadang, ada sejumlah anak yang begitu nakal dan susah dibilangin oleh orang tuanya sehingga ibu pun mudah terbawa emosi sampai akhirnya memarahi anak. Hal ini sebenarnya hanya akan membuat sang anak takut pada ibunya, bahkan mungkin membuat hubungan keduanya pun jadi tak terlalu dekat.

4 dari 4 halaman

Yang kelima, gaya parenting orang tua dulu yang mudah melabeli anaknya. Ketika marah bahkan sampai membentak anak, mungkin ibu juga akan melabeli anak dengan kata-kata kurang baik misalnya menyebutnya anak yang bandel, pemalas atau mungkin anak yang hanya malu-maluin orang tuanya saja. Hal seperti ini bukannya  memotivasi anak untuk berubah, tetapi dia mungkin malah akan jadi makin parah.

Nah, itulah beberapa gaya parenting orang tua dulu yang tak perlu lagi diulangi sekarang dalam mendidik dan membesarkan buah hati. Selain beberapa cara parenting di atas, ada lagi gak yang perlu kita hindari Mom?

Beri Komentar