Cara untuk Mencegah Buah Hati Terkena Penyakit Leukemia

Reporter : Riza Umami
Kamis, 17 September 2020 07:17
Cara untuk Mencegah Buah Hati Terkena Penyakit Leukemia
Ini beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua.

Leukemia adalah salah satu penyakit yang cukup banyak terjadi pada anak-anak. Penyakit yang satu ini juga biasa dikenal dengan kanker darah yang menyerang sel darah putih di dalam tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, kasus leukemia ini terjadi pada 3/4 dari seluruh kasus kanker yang menyerang anak-anak. Salah satu penyakit leukemia yang kerap dijumpai pada anak adalah leukemia limfoblastik akut.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Anak Sakit © Diadona

Salah satu penyebab dari leukemia jenis tersebut adalah karena anak-anak terlalu sering terkena paparan radiasi benzena dalam jumlah yang tinggi. Oleh sebab itu, cara pencegahan pertama yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah dengan berhenti merokok.

Hal ini berguna untuk mengurangi paparan benzena yang ada di dalam asap rokok. Selain itu, asap rokok ini pun juga tidak baik untuk kesehatan anak dan keluarga yang ikut menghidup asapnya atau biasa disebut dengan perokok pasif.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Anak Sakit © Diadona

Kemudian, cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan alat pelindung diri saat bekerja di lingkungan yang mudah terpapar oleh bahan-bahan kimia. Bahan kimia tersebut bisa berpengaruh buruk ke tubuh bahkan ke janin sehingga harus memakai alat pelindung seperti masker, sarung tangan dan lainnya.

Cara mencegah ini memang hanya bisa dilakukan oleh orang tua dengan berusaha untuk hidup lebih sehat dan jangan sampai terlalu terpapar bahan kimia yang berbahaya agar nantinya anak tak sampai alami penyakit leukemia.

Beri Komentar