Dampak Buruk Parenting Terlalu Keras Seperti Karakter Seo Jin di The Penthouse

Reporter : Riza Umami
Selasa, 15 Desember 2020 19:17
Dampak Buruk Parenting Terlalu Keras Seperti Karakter Seo Jin di The Penthouse
Hindari parenting yang terlalu keras pada anak kayak Seo Jin ya Mom.

Salah satu drakor yang lagi booming sekarang adalah The Penthouse. Drama Korea yang satu ini begitu menyita perhatian penonton karena begitu banyak konflik di dalamnya sampai bikin orang-orang pada geregetan dan naik darah.

Drakor ini bercerita tentang kehidupan beberapa keluarga yang tinggal di apartemen 11 lantai dan dibumbui dengan berbagai masalah yang terjadi di sana. Salah satu karakter di drakor tersebut adalah Seo Jin yaitu seorang penyanyi klasik ternama sekaligus ibu dari Ha Eun Byeol.

1 dari 3 halaman

Seo Jin memiliki cara parenting yang sangat keras pada anaknya. Dia ingin si anak bisa mengikuti jejaknya menjadi penyanyi klasik ternama. Sayangnya, Ha Eun Byeol tak sehebat saingannya meski sudah berusaha dengan begitu keras baik dalam bernyanyi maupun bidang akademik.

Hal inilah yang menyebabkan Seo Jin pun makin keras padanya. Dia tak mau kalau anaknya kalah. Apalagi kemudian muncul Yoon Hee dengan anaknya yang berbakat. Yoon Hee memiliki masa lalu yang buruk dengan Seo Jin sehingga ia pun tak mau kalau sampai anaknya kalah dari putri Yoon Hee.

2 dari 3 halaman

Ha Eun Byeol pun diberikan jadwal yang sangat ketat antara belajar musik dan les pelajaran. Dia bahkan harus ikut kursus sampai malam banget. Seo Jin terus-menerus memaksakan anaknya sampai batas kemampuannya untuk memenuhi ekspektasinya. Pahadal, tentu hal ini bisa berakibat buruk pada anak.

      View this post on Instagram

A post shared by SBS ?????? ??????????? (@sbsdrama.official)

Salah satunya, anak jadi tumbuh menjadi pribadi yang takut pada orang tuanya terlebih ibu yang lebih keras padanya. Kalau anak sudah takut pada ibu seperti ini, hubungan keduanya pun tak akan menjadi dekat, malah membuat anak makin menjauh dari ibu.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya, jika anak sudah melakukan berbagai upaya tetapi ternyata dia tak bisa memenuhi ekspektasi ibunya, bukan tak mungkin anak jadi stres bahkan depresi karena hal itu. Tindakan lain yang mungkin terjadi, anak jadi membangkang pada ibunya karena sudah terlalu lelah selama ini dia terus dituntut untuk begini dan begitu.

Cara mendidik anak yang keras bahkan sampai memarahinya seperti Seo Jin dalam drakor The Penthouse ini memang seharusnya tidak ditiru oleh ibu-ibu di luar sana. Mom harus bisa menjadi sosok ibu yang menenangkan dan memberikan rasa nyaman pada anak. Anak bukan tiruan dari orang tua dan dia tentu memiliki impiannya sendiri.

Beri Komentar