Dampak Negatif Orang Tua yang Tukang Selingkuh pada Perkembangan Anak

Family | Kamis, 15 Oktober 2020 08:17
Dampak Negatif Orang Tua yang Tukang Selingkuh pada Perkembangan Anak

Reporter : Riza Umami

Dampak perselingkuhan orang tua terhadap perkembangan anak.

Saat ini makin marak orang berselingkuh dari pasangannya, bukan hanya yang pacaran tetapi juga yang sudah menikah. Perselingkuhan orang tua ini pun tanpa disadari akan memberikan dampak yang buruk pada anak.

Bahkan, hal ini pun bisa berefek pada perkembangan anak karena orang tua jadi kurang memperhatikan anak karena terlalu fokus pada perselingkuhan yang dilakukan diam-diam tersebut.

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., seorang psikolog dari KlikDokter, perselingkuhan yang dilakukan oleh orang tua ini bisa sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak. Buah hati bahkan bisa mengalami beberapa perubahan.

 Ilustrasi pasangan selingkuh

2 dari 3 halaman

Salah satu dampaknya ini yaitu anak kehilangan kepercayaan pada orang tua. Ketika anak mengetahui akan perselingkuhan ayah atau ibunya tersebut, itu bisa menyebabkan anak sakit hati. Dia pun akan sulit mempercayai orang tuanya yang telah berselingkuh diam-diam.

Dampak negatif lainnya, anak mungkin akan mengalami trauma akibat perselingkuhan orang tuanya itu. Trauma ini pun bisa beragam bentuknya, misalnya anak jadi sulit untuk percaya pada pasangannya, anak takut pacaran, anak jadi punya pandangan yang negatif akan pernikahan dan lain sebagainya.

 ilustrasi anak sedihilustrasi anak sedih © Myriamsphotos/Pixabay

Kemudian, perselingkuhan yang berujung retaknya rumah tangga sampai bercerai, tentu akan sangat berpengaruh pada anak. Orang tuanya yang selingkuh sampai bercerai, bisa membuat anak begitu sakit hati, apalagi jika nanti hubungan keduanya jadi buruk, bahkan mungkin sampai bertengkar masalah hak asuh anak.

3 dari 3 halaman

Yang lebih parah lagi, perselingkuhan orang tuanya ini mungkin juga akan membuat anak sampai depresi. Ada kondisi ketika anak mengetahui ayah atau ibunya selingkuh tetapi dia tak bisa menceritakannya pada salah satu orang tuanya. Si anak pun hanya bisa memendam semuanya sendiri. Hal inilah yang sangat berisiko menyebabkan anak mengalami depresi.

Itulah beberapa dampak negatif dari sebuah perselingkuhan terhadapa perkembangan anak. Sebelum semuanya terlambat sampai kehilangan anak dan pasangan, berhentilah untuk selingkuh karena itu hanya akan menyakiti orang-orang yang disayangi.

Join Diadona.id