Dapat Angpao Banyak, Begini Cara Mengatur Uang THR Si Kecil untuk Tabungan Sekolahnya Moms

Family | Jumat, 13 Mei 2022 11:07

Reporter : Kurnia

Lebaran sudah habis, kalau bisa uang THR si kecil jangan habis juga yaa

Kembali ke fitri, di momen hari raya biasanya anak-anak banyak mendapatkan angpao kan, Moms. Jumlahnya pun beragam, dari puluhan ribu, ratusan, bahkan jutaan rupiah.

Di momen-momen special seperti ini, si kecil banyak menerima angpao dari oma, opa, om, dan tente-tantenya. Jika dikumpulkan, pasti jumlah THR si kecil tak sedikit dan sebagian besar dari anak-anak pasti ingin membelanjakan uangnya untuk beberapa barang yang mereka inginkan.

Dapat Angpao Banyak, Begini Cara Mengatur Uang THR Si Kecil untuk Tabungan Sekolahnya Moms
2 dari 6 halaman

Meski boleh membelanjakan uang THR-nya, tapi anak-anak tetap harus diajarkan untuk menabungkan uangnya ya Moms. Bagaimana caranya?

Dikutip dari laman Liputan6.com, berikut ini ada beberapa cara dan tips mudah yang bisa Moms terapkan untuk menabungkan uang THR si kecil. Angpao banyak tabukan semakin meningkat, yuk simak tipsnya berikut.

3 dari 6 halaman

Ajak Si Kecil untuk Berdiskusi

Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak © 2021 https://www.shutterstock.com/takayuki

Meskipun Moms adalah orang tuanya, tetapi jangan pernah mengambil keputusan sendiri terkait dengan uang lebaran si kecil ya. Alih-loh lebih baik, pengambilan keputusan secara sepihak ini justru akan membuat tujuan Moms mengajari anak-anak tentang uang malah tidak bisa berhasil dengan baik.

Moms bisa mulai dengan cara mengajak si kecil untuk berdiskusi tentang uang THR-nya. Dengan demikian, si kecil akan merasa terlibat dengan pengambilan keputusan yang tepat loh. Sebelum itu, Moms juga bisa memberi beberapa saran sebagai pertimbangan keputusan mereka.

Saat mengajak anak-anak berdiskusi, pastikan juga Moms telah menyampaikan dengan jelas dan detail apa saja yang akan didapatkan si kecil dengan keputusan yang diambilnya, termasuk dampaknya di kemudian hari. Biarkan si kecil berpikir dengan baik, sebelum akhirnya mengambil keputusan terkait dengan uang lebaran yang dimilikinya.

4 dari 6 halaman

Arahkan Si Kecil untuk Menabung

Dapat banyak angpao, si kecil pasti langsung ingin membelanjakan uangnya meskipun tidak semua anak. Di saat seperti ini, Moms bisa mengajarkan anak untuk mulai menabung. Seperti diketahui, menabung menjadi kebiasaan baik di dalam keuangan dan perlu diajarkan pada anak sejak dini.

Moms bisa memberikan penjelasan kepada si kecil tentang tujuan menabung dengan tepat agar mereka memiliki motivasi yang tinggi untuk melakukannya. Selain itu, Moms juga bisa memberikan anak sebuah celengan yang lucu dan bisa membuat anak menjadi lebih tertarik untuk menabung.

5 dari 6 halaman

Masukkan dalam Tabungan Pendidikan

Anak mendapatkan angpao THRAnak mendapatkan angpao THR © Shutterstock.com

Jika anak sudah cukup besar, Moms bisa mulai mengajak si kecil untuk membuka rekening khusus anak dan menabungkan uangnya di bank. Saat menabungkan uang si kecil, Moms bisa memilih beberapa jenis tabungan ya. Biasanya yang akan ditawarkan adalah tabungan pendidikan anak.

Tabungan pendidikan ini akan membuat anak-anak merasa lebih senang dan tertarik untuk menabung di hari-hari yang akan datang. Dengan demikian, si kecil juga tidak perlu khawatir dengan uang pendidikannya kelak ya, Moms.

6 dari 6 halaman

Membeli Barang yang Diinginkan

Besar maupun kecil, si kecil pasti memiliki keinginan untuk membelanjakan uang THR-nya. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk menabung angpao lebaran mereka, Moms bisa menanyakan kepada si kecil, apakah ingin membeli sesuatu dengan uang lebaran yang dimilikinya?

Moms bisa mengantarkan si kecil jika mereka ingin membeli mainan yang berguna dan belum dimilikinya, seperti buku dongeng atau cerita, jajanan tertentu yang belum pernah dinikmatinya, atau bahkan berjalan-jalan ke suatu tempat dengan menggunakan uang tersebut.

Hal ini akan membuat anak berpikir dan terbiasa mencari solusi serta memahami dengan baik keinginannya. Anak akan belajar mengambil keputusan yang tepat, sehingga kelak anak menjadi lebih bijak dalam mengambil keputusan.

Join Diadona.id