Fakta Penggunaan Minyak Telon Pada Bayi yang Perlu Ibu Ketahui

Family | Rabu, 9 Juni 2021 19:17
Fakta Penggunaan Minyak Telon Pada Bayi yang Perlu Ibu Ketahui

Reporter : Riza Umami

Ternyata ini faktanya.

Minyak telon biasa diberikan kepada bayi ketika ia selesai mandi dengan tujuan untuk menghangatkan kembali tubuh anak dan juga memberikan aroma harum. Penggunaan minyak yang satu ini pun cukup banyak diaplikasikan pada bayi hingga kini.

Dilansir dari laman alodokter.com, minyak telon ini adalah minyak yang terbuat dari tiga jenis minyak alami yaitu minyak kayu putih, minyak kelapa dan juga minyak adas. Campuran dari tiga minyak ini pun diyakini punya manfaat masing-masing untuk perawatan kulit anak.

2 dari 4 halaman

 Ilustrasi BayiIlustrasi Bayi © 2019 https://www.diadona.id

Selain untuk menghangatkan tubuh, sebenarnya minyak telon ini juga berguna untuk melembapkan kulit si kecil. Biasanya, anak yang baru lahir memang mengalami masalah kulit kering karena kulitnya masih beradaptasi dengan lingkungan luar yang berbeda saat masih di dalam kandungan.

Kemudian, minyak telon ini juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah perut kembung yang mungkin dialami oleh bayi. Minyak yang satu ini pun juga efektif untuk mengusir dan mencegah gigitan nyamuk karena kandungan anetol yang ada di dalamnya.

3 dari 4 halaman

Meski demikian, ibu perlu memperhatikan bahwa minyak telon ini tergolong ke dalam bahan iritan sehingga pemakaian minyak telon yang berlebihan justru berdampak buruk pada kulit bayi dan bisa menimbulkan iritasi atau ruam.

 ilustrasi bayi senyumilustrasi bayi senyum © Shutterstock

Oleh sebab itu, perhatikanlah apakah kulit anak Mom ini sensitif atau tidak. Bila si kecil memang mempunyai kulit yang sensitif atau sedang mengalami eksim, sebaiknya hindari penggunaan minyak telon yang bisa menimbulkan terjadinya ruam pada anak.

4 dari 4 halaman

Beberapa jenis minyak yang tinggi asam oleat seperti minyak zaitun juga bisa menyebabkan lapisan kulit si kecil jadi lebih renggang serta mudah melepaskan air. Hal ini pun mengakibatkan kulit bayi jadi kering serta sensitif.

Ada baiknya bila Mom memang tak yakin atau kulit anak sensitif, konsultasikan dulu ke dokter perihal penggunaan minyak telon pada bayi ini terkait dosis serta keamanan penggunaannya untuk mencegah efek samping yang tak diinginkan pada kulit anak. Semoga cukup membantu.

Join Diadona.id