Foto Anak Syahnaz Disalahgunakan Akun Jual Beli Bayi di Instagram, Hati-Hati ya Moms!

Reporter : Audila Rima Ndani
Kamis, 5 Maret 2020 13:30
Foto Anak Syahnaz Disalahgunakan Akun Jual Beli Bayi di Instagram, Hati-Hati ya Moms!
Serem banget kan kalau tiba-tiba foto anak kamu digunakan oleh oknum nggak bertanggung jawab?

Nggak paham lagi dengan apa yang dipikirkan oleh pemilik akun jual beli bayi yang banyak bermunculan di media sosial. Mereka seringkali menggunakan foto bayi-bayi terkenal di Instagram untuk mengisi akun mereka. Beberapa foto anak selebriti pun nggak ketinggalan jadi korban keberadaan akun itu.

Baru-baru ini anak kembar Syahnaz, adik dari Raffi Ahmad, jadi korbannya. Zayn dan Zunaira yang baru berusia dua bulan itu fotonya disalahgunakan oleh akun jual beli bayi di Instagram. Mengetahui hal itu, Syahnaz pun membagikan informasi itu di akun Instagramnya dan meminta followers-nya untuk melaporkan akun tersebut karena nggak cuma foto bayinya saja tapi juga banyak foto bayi lain yang dicuri.

1 dari 6 halaman

Instastory Syahnaz © Diadona

2 dari 6 halaman

Kasus seperti ini sebenarnya bukan yang pertama kali terjadi. Di tahun 2015, Ruben Onsu, Ayu Ting Ting, dan Raffi Ahmad sudah menjadi korban dari kasus serupa. Foto anak mereka digunakan oleh oknum nggak bertanggung jawab untuk sebuah iklan penjualan bayi. Serem banget nggak sih?

Sebagai orang tua pastinya kita dibikin khawatir dengan adanya akun nggak bertanggung jawab seperti itu di media sosial. Bukan hanya karena mereka mencuri foto bayi aja, tapi dikhawatirkan hal itu bisa berlanjut ke tindakan penculikan bayi. Kita nggak pernah tahu kejahatan yang akan terjadi di luar sana. Jadi, kita harus berhati-hati dalam menyebarkan konten anak di media sosial.

3 dari 6 halaman

      View this post on Instagram

???? happy two months ZaynZunaira kuuu ???? #masyaaallah #alhamdulillah

A post shared by Syahnaz Sadiqah (@syahnazs) on

4 dari 6 halaman

Banyak dari kita yang nggak memikirkan batasan yang tepat saat membagikan foto anak di media sosial. Kita mungkin nggak berpikir apakah unggahan kita pantas dan bermanfaat atau justru malah bisa membahayakan anak kita di masa depan.

Seringkali kita nggak sadar telah mengunggah informasi pribadi yang terlalu sensitif mengenai anak. Kita hanya berpikir bahwa hal itu kita lakukan untuk berbagi dan membuat orang lain senang, tanpa menyadari bahayanya.

5 dari 6 halaman

Dari yang saya baca di Forbes, terapis perkawinan dan keluarga memberikan prinsip yang bisa membantu kamu untuk menentukan batasan membagikan foto anak di media sosial. Ada jenis informasi tentang anak yang bisa memberikan manfaat untuk orang lain, tetapi ada juga jenis informasi yang nggak boleh dibagikan.

Prinsipnya adalah jika kamu membagikan informasi tentang anak untuk menyenangkan dirimu sendiri maka kamu harus berpikir ulang untuk melakukannya. Tapi jika kamu membagikan informasi seputar anak untuk menemukan solusi dari masalah yang anak hadapi maka hal itu akan memberikan manfaat yang penting untukmu.

6 dari 6 halaman

Tetaplah mengingat bahwa media sosial selain bisa memberikan manfaat juga bisa berbahaya jika kita nggak menggunakannya dengan hati-hati. Untuk itu kita harus selalu waspada dalam menggunakan media sosial agar nggak menimbulkan bahaya bagi keluarga kita.

Beri Komentar