Gimana sih Cara Nahan Emosi Kalau Anak Lagi Rewel atau Nangis Terus?

Reporter : Riza Umami
Senin, 3 Agustus 2020 09:17
Gimana sih Cara Nahan Emosi Kalau Anak Lagi Rewel atau Nangis Terus?
Tips Menahan Emosi pada Anak.

Terkadang dalam merawat anak, tentu ibu pun bisa dibikin emosi misalnya saat lagi rewel atau ketika ia nangis terus padahal kerjaan lagi banyak atau lagi banyak pikiran sehingga ibu jadi emosi ke anak.

Bisa juga saat anak diajari sesuatu tapi nggak bisa-bisa juga atau ketika anak disuruh makan, udah disuapin berkali-kali tapi tetep aja susah banget makannya, tentu kalau kayak gitu lama-lama bisa bikin emosi ya Mom.

1 dari 3 halaman

Ada satu tips sederhana yang diberikan oleh Rensia Sanvira, founder dari @mamalyfe.id melalui video di akun TikToknya. Apa ya kira-kira tipsnya?

Dia mengatakan, " Coba sekarang kalian tutup mata, kalian bayangin saat nanti kalian tua bagaimana rasanya jika kalian diperlakukan yang sama seperti yang kalian lakukan ke anak?" .

Menahan Emosi pada Anak © Diadona

2 dari 3 halaman

Dia kemudian memberikan contoh, misalnya saat kita sering marah-marah ke anak, bagaimana jika ketika kita sudah tua nanti, anak sering marah-marah ke kita? Tentu kita tak mau nantinya diperlakukan seperti itu oleh anak, bukan?

" Dan aku sedih banget kalo liat ada anak yang nggak mau makan sampai dipukul, dicubit, bahkan ditendang sama orang tuanya hanya agar si anak mau makan. Coba deh kalian bayangin di saat tua mungkin kalian juga akan mengalami susah makan. Bagaimana rasanya jika kalian diperlakukan dengan hal yang sama seperti yang kalian lakukan saat memberi makan anak?" , tanya Rensia.

Menahan Emosi pada Anak © Diadona

3 dari 3 halaman

Anak itu cenderung meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Bila sedari kecil kita mengajarkan kekerasan pada anak dengan mencubit atau memukul, bukan tak mungkin kita pun akan diperlakukan sama ketika nanti sudah tua. Mari merawat anak dengan penuh kasih sayang agar anak pun juga akan merawat kita dengan baik nanti saat sudah tua.

Beri Komentar