Gimana Ya Mom Cara Membersihkan Lidah Bayi dengan Benar?

Reporter : Riza Umami
Minggu, 27 Desember 2020 08:17
Gimana Ya Mom Cara Membersihkan Lidah Bayi dengan Benar?
Ini nih caranya.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan ketika memiliki anak yang masih bayi. Salah satu hal yang juga harus diperhatikan adalah menjaga kebersihan gigi dan mulut anak sedari kecil Mom.

Meski bayi biasanya belum mempunyai gigi, tetapi ibu tetap perlu menjaga kebersihan mulutnya. Salah satu cara yang bisa ibu lakukan adalah dengan membersihkan lidah anak. Lantas, bagaimana ya Mom cara yang benar saat membersihkan lidah bayi?

1 dari 4 halaman

Sebelumnya, Mom perlu mengetahui mengapa lidah bayi perlu dibersihkan. Dilansir dari laman klikdokter.com, dr. Arina Heidyana mengatakan bahwa lidah bayi ini harus dibersihkan supaya kebersihan rongga mulut anak ini akan tetap terjaga.

Hal ini pun untuk menghindari munculnya bakteri dan jamur yang bisa menyebabkan penyakit atau bau mulut. Bila mulut anak sudah terinfeksi, ini bisa menyebabkannya jadi tidak nyaman dan jadi rewel terus-terusan.

ilustrasi bayi merangkak © Diadona

2 dari 4 halaman

Kemudian, penting pula membersihkan lidah bayi ini agar indra perasanya berfungsi dengan baik. Kotoran atau sisa ASI yang menumpuk di lidah, bisa menyebabkan bayi tidak bisa merasakan makanan yang masuk ke mulutnya dengan maksimal.

Ada beberapa cara yang dilakukan saat membersihkan lidah bayi. Pertama ibu harus mencucui tangan terlebih dahulu sampai benar-benar bersih dan pastikan tak ada sisa sabun yang menempel di tangan.

3 dari 4 halaman

Kemudian, siapkan sebuah wadah yang berisi air hangat dengan suhu yang suam-suam kuku. Ambil kain kasa yang berukuran kecil, bisa dipotong terlebih dahulu, lilitkan pada jari ibu. Lalu, gendong si kecil dan posisikan seperti mau menyusu.

ilustrasi bayi senyum © Diadona

Pastikan posisi ibu dan bayi ini nyaman. Selanjutnya, celupkan kain yang di jari ke dalam air hangat. Peras sedikit kemudian masukkan jari ibu ke dalam mulut bayi. Usap bagian lidahnya dengan lembut dan perlahan. Yang perlu diperhatikan, tak perlu memasukkan jari terlalu dalam karena bisa membuat bayi muntah.

4 dari 4 halaman

Selain membersihkan bagian lidah anak, ibu juga bisa sekalian membersihkan gusi anak dan mulutnya yang bagian dalam untuk membersihkan bakteri atau kuman yang ada di sana. Nah sudah selesai Mom.

Bila ibu mengalami kesulitan karena bayi tak mau membuka mulutnya, coba usap-usap bibirnya dengan lembut. Biasanya, si kecil nanti akan membuka mulutnya perlahan. Itulah cara membersihkan lidah bayi dengan benar. Semoga membantu Mom.

Beri Komentar