Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Anak Diasuh oleh Nenek dan Kakek

Family | Sabtu, 17 Oktober 2020 14:17
Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Anak Diasuh oleh Nenek dan Kakek

Reporter : Riza Umami

Apa ya Mom yang perlu diperhatikan saat menitipkan anak pada orang tua?

Ada sejumlah pasangan suami istri yang memilih untuk sama-sama bekerja agar kebutuhan keluarga terpenuhi. Biasanya dalam kondisi yang seperti ini, ibu tidak bisa merawat dan mengurus anak secara penuh.

Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah menitipkan anak pada orang tua. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ibu memutuskan agar anak diasuh oleh orang tuanya ketika sedang bekerja.

2 dari 4 halaman

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah usia orang tua. Bila mereka sudah cukup berumur, tentu akan kesulitan untuk mengganti popok, menggendong anak atau mengantar dan menjemput anak ke sekolah.

Dilansir dari laman klikdokter.com, Dr. Laurence Solberg, kepala divisi pengobatan geriatrik di University of Florida College of Medicine mengatakan, " Setelah kakek dan nenek mencapai usia 70 tahun atau lebih, kamu akan mulai melihat kondisi kesehatan mereka menurun, terutama saat tengah bermain dengan cucu" .

 ilustrasi kakek dan nenekilustrasi kakek dan nenek © tombreunig.wixsite.com

3 dari 4 halaman

Saat orang tua sudah cukup berumur pun, mereka tak lagi memiliki fisik yang kuat seperti saat masih muda. Mereka mungkin juga mengalami beberapa masalah kesehatan sehingga Mom pun perlu memikirkan masalah usia dan kesehatan orang tua ini.

Selain itu, tentu Mom dan orang tua memiliki cara pengasuhan yang berbeda terhadap anak. Orang tua cenderung menggunakan cara lama dan tradisional yang mungkin kurang sesuai dengan yang Mom inginkan, misalkan agar anak patuh perlu dimarahi bahkan sampai dipukul, tetapi tentu itu kurang baik karena bisa membuat anak sakit hati bahkan mungkin menjadi trauma sendiri untuknya.

4 dari 4 halaman

Ada banyak lagi cara pengasuhan orang tua yang mungkin terkesan tidak update dan tak sesuai dengan ilmu parenting zaman sekarang. Bila demikian, ibu pun bisa perlahan untuk memberi tahu orang tua bagaimana cara pengasuhan yang diinginkan.

Terakhir, mengasuh anak ini tentu akan cukup menguras tenaga apalagi untuk orang tua. Oleh sebab itu, ibu mungkin perlu menyewa asisten rumah tangga untuk membantu segala urusan rumah seperti bersih-bersih, mencuci dan lain sebagainya agar orang tua pun tak terlalu lelah dan masih sempat untuk istirahat.

Join Diadona.id