Hati-Hati, Bedak Bayi Ternyata Gak Sepenuhnya Aman Digunakan

Family | Rabu, 1 Juli 2020 07:37
Hati-Hati, Bedak Bayi Ternyata Gak Sepenuhnya Aman Digunakan

Reporter : Audila Rima Ndani

Yuk, cari tahu alasannya!

Bedak bayi rasanya sudah menjadi salah satu produk yang akan kita beli untuk memenuhi kebutuhan anak. Bayi mana sih yang nggak menggunakan produk satu ini?

Biasanya kita memberikan bedak bayi pada anak supaya tubuh mereka jadi lebih wangi dan berharap kulit mereka terjaga. Selain itu, hal ini juga sudah menjadi rutinitas bagi setiap ibu yang punya bayi.

Tapi sudah tahu belum Moms kalau bedak bayi itu sebenarnya nggak sepenuhnya aman untuk digunakan pada bayi? Yuk, cari tahu alasannya!

2 dari 5 halaman

 ilustrasi bayi ngilerilustrasi bayi ngiler © 2019 https://www.diadona.id / @ kindercare

Dilansir dari Boldsky, kebiasaan menggunakan bedak bayi memang sudah ada sejak dulu. Tapi belum ada yang tahu apakah bedak bayi sebenarnya benar-benar aman untuk digunakan?

Meski belum ada cukup bukti tentang hal ini, beberapa sumber mengklaim bahwa bedak bayi memang nggak begitu baik untuk digunakan.

Bedak talek adalah turunan dari bedak. Yang membedakan keduanya adalah kandungan mineral yang mengandung asbes. Asbes sendiri mengandung magnesium, oksigen, silikon, dll. Sementara beberapa mereka bedak bayi menggunakan tepung jagung.

3 dari 5 halaman

 Ilustrasi BayiIlustrasi Bayi © 2019 https://www.diadona.id

Bedak bayi umumnya digunakan untuk menjaga kulit agar tetap lembut dan kering. Tapi menggunakannya di sekitar area pribadi bayi dan orang dewasa bisa memberikan efek yang berbahaya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menghindari penggunaan bedak pada bayi memang lebih baik. Bahkan untuk orang dewasa sekalipun, penggunaan bedak mungkin nggak terbukti aman karena para ahli kesehatan mengatakan bahwa bedak dalam mengandung agen penyebab kanker.

Kita mungkin penasaran, apakah semua bubuk bedak nggak aman? Jawabannya adalah hanya bubuk bedak yang mengandung asbes yang nggak aman. Tapi penelitian belum dilakukan pada jenis bubuk bedak yang nggak mengandung asbes.

4 dari 5 halaman

 ilustrasi bayiilustrasi bayi © 2019 https://www.diadona.id / @ practicalparenting

Sebenarnya bayi masih bisa hidup tanpa penggunakan bedak. Selama kita bisa menjaga kulit mereka tetap bersih dan kering, maka penggunaan bedak sebaiknya dihentikan.

Jika bayi mengalami ruam popok yang biasanya diatasi dengan penggunaan bedak, maka kita bisa menggunakan krim saja untuk mengatasinya. Kuncinya adalah dengan memastikan agar kulit bayi selalu mendapat cukup udara dan dalam keadaan selalu kering.

5 dari 5 halaman

Beberapa jenis bubuk pada bedak bayi bahkan bisa menyumbat pori-pori dan membuat kulit sulit bernapas. Faktanya, partikel bubuk juga dapat menyebabkan masalah pernapasan pada beberapa orang.

Untuk itu sebaiknya penggunaan bedak bayi juga dilakukan dengan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini dilakuakan agar nggak terjadi hal yang nggak diinginkan.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu ya!

Join Diadona.id