Hindari Kesalahan Ini dalam Membesarkan Anak Laki-Laki

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 28 Agustus 2021 08:17
Hindari Kesalahan Ini dalam Membesarkan Anak Laki-Laki
Apa saja ya Mom?

Mendidik dan membesarkan anak laki-laki ternyata gak semudah yang dibayangkan ya Mom. Ternyata banyak PR yang perlu diperhatikan oleh orang tua dalam mendidik anak laki-laki dan jangan sampai melakukan kesalahan yang bisa berpengaruh pada masa depannya nanti.

Tentunya, orang tua mempunyai peran masing-masing dalam mendidik anak laki-laki. Tidak hanya peran ibu yang diperlukan melainkan ayah juga di mana akan berpengaruh terhadap kepribadian dan karakter anak nantinya.

1 dari 5 halaman

Dilansir dari akun Instagram @ibupedia_id, ada beberapa kesalahan dalam membesarkan anak laki-laki yang perlu dihindari oleh orang tua. Yang pertama yaitu menganggap bahwa anak laki-laki tak perlu diajari life skill sehari-hari di rumah seperti mencuci piring, mencuci baju, memasak dan sejenisnya.

Padahal, life skill seperti ini akan selalu dipakai dan terus berguna hingga anak dewasa nanti. Oleh sebab itulah penting untuk mengajari anak life skill seperti ini sedari kecil supaya dia tumbuh menjadi laki-laki yang mandiri dan tak cuma memasrahkan segala urusan rumah ke perempuan saja nantinya.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Anak Laki-Laki © Diadona

Kesalahan yang berikutnya yaitu sejumlah orang tua berpikir bahwa anak laki-laki ini harus jadi tangguh bahkan tidak boleh menunjukkan emosinya. Padahal, bila seseorang terus-menerus memendam emosi seperti ini, hal tersebut hanya akan membuatnya semakin tersiksa. Bahkan lama-kelamaan mungkin anak jadi stres dan depresi.

3 dari 5 halaman

Selanjutnya, kesalahan yang perlu dihindari orang tua yaitu tidak memberikan contoh yang baik dalam memperlakukan perempuan termasuk ibu dan juga saudara perempuannya. Dalam hal yang satu ini peran ayah tentu sangat berpengaruh bagi anak.

Ilustrasi Anak Laki-Laki © Diadona

4 dari 5 halaman

Bagaimana ayah memperlakukan istri dan anak perempuannya sehari-hari mungkin akan dicontoh oleh anak laki-lakinya hingga dewasa nanti sehingga jangan sampai memberikan contoh yang buruk untuk anak misalnya melakukan kekerasan dalam rumah tangga, sering bertengkar dengan istri dan masih banyak lagi.

Lalu, sejumlah orang tua terkadang membiarkan anak laki-lakinya berbuat sesuka hatinya bahkan mungkin merugikan orang lain. Anak laki-laki yang nakal dianggap hal yang biasa, padahal kalau dibiarkan begitu terus lama-kelamaan si anak pun akan tumbuh jadi makin bandel. Beritahu anak apa hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Jangan biarkan dia menjadi anak yang nakal.

5 dari 5 halaman

Ilustrasi Ibu dan Anak di Jepang © Diadona

Terakhir, beberapa orang tua mungkin tidak terlalu menghargai keputusan anaknya dalam banyak hal karena berpikir dia masih kecil. Padahal, sebaiknya ibu sudah mengajarkan anak untuk membuat keputusannya sendiri sedari masih belia dan pastikan bahwa ibu menghormati keputusan anak tersebut sehingga buah hati pun akan merasa dihargai oleh orang tuanya. Itulah beberapa kesalahan yang perlu dihindari dalam mendidik anak laki-laki, semoga kita bisa menjadi orang tua yang bijak untuk anak-anak ya Mom.

Beri Komentar