Ibu yang Memiliki 3 Anak Katanya Justru yang Paling Stres, Bener Nggak sih?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 29 Juni 2020 13:15
Ibu yang Memiliki 3 Anak Katanya Justru yang Paling Stres, Bener Nggak sih?
Nah lho, kira-kira kenapa ya?

Menjadi seorang ibu itu nggak mudah. Apalagi dengan jumlah anak yang terus bertambah, kadar stres seorang ibu bisa meningkat loh.

Melansir dari BrightSide, sebuah penelitian yang dilakukan oleh TODAY mengungkapkan bahwa jumlah anak bisa mempengaruhi stres atau tidaknya seorang ibu. Dan dari penelitian ini juga diketahui bahwa ibu dengan 3 orang anak cenderung menunjukkan tingkat stres yang lebih tinggi.

1 dari 3 halaman

Tapi ternyata, kadar stres tersebut justru menurun saat jumlah anak kurang dari 3 dan lebih dari 4. Dr. Janet Taylor menyatakan bahwa semakin banyak anak yang dimiliki, maka semakin percaya diri ibu tersebut dalam mengasuh anak-anaknya.

Penelitian yang melibatkan sekitar 7.000 ibu ini, rata-rata menunjukkan stres di angka 8,5 dari skala 1-10. Tapi ternyata, stres itu juga dipengaruhi karena pasangan dan bakan tekanan dari orang lain.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Ibu dengan 3 Anak © Diadona

Pasti Mama bertanya mengapa punya 3 anak bisa dibilang jadi puncak stres seorang ibu. Penelitian tersebut menyatakan bahwa rata-rata ibu mengaku bahwa transisi dari anak pertama ke anak kedua cenderung masih biasa diatasi.

Tapi begitu transisi dari anak kedua ke anak ketiga, ibu-ibu cenderung mengalami puncak stres. Ada yang menyebutkan bahwa seorang ibu hanya punya 2 tangan, sehingga mengasuh anak ketiga dirasa cukup menyulitkannya.

3 dari 3 halaman

Saat seorang ibu merasa tidak bisa 'menjangkau' salah satu anaknya, ia akan merasa stres bahkan sampai jangka waktu yang agak lama.


Wah, bener kayak gini nggak sih? Mama-mama yang punya anak 3 apa juga merasakan hal yang serupa?

Beri Komentar