Iko Uwais Punya Cara untuk Ajarkan Anak Puasa Tanpa Perlu Janjikan Hadiah

Reporter : Audila Rima Ndani
Jumat, 7 Mei 2021 07:37
Iko Uwais Punya Cara untuk Ajarkan Anak Puasa Tanpa Perlu Janjikan Hadiah
Begini cara Iku Uwais dan Audi Item ajarkan puasa pada anak.

Umat Muslim wajib melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan. Namun anak-anak memang masih belum diwajibkan untuk menjalankan ibadah ini.

Meski begitu, kita bisa melatih anak untuk berpuasa sejak dini. Dengan begitu, anak akan terbiasa menjalani ibadah puasa saat sudah lebih besar.

Seringkali orang tua menjanjikan hadiah saat mengajari anak mereka berpuasa. Biasanya anak yang berhasil menjalankan puasa, akan mendapatkan hadiah tertentu sebagai imbalan.

Padahal kita bisa melatih anak berpuasa tanpa menjanjikan hadiah pada mereka lho, Moms! Bintang film laga Indonesia, Iko Uwais, punya cara sendiri untuk mengajarkan anaknya berpuasa tanpa memberikan iming-iming hadiah. Berikut informasinya.

1 dari 3 halaman

Tidak Keras dalam Mengajari Anak

Iko Uwais dan Audy Item © Diadona

Dilansir dari video yang diunggah di channel Youtube MOP Channel pada 28 April 2021, Iko bercerita bahwa dirinya dan sang istri, Audy Item, sudah mulai mengajarkan kewajiban berpuasa pada anak-anaknya. Namun Iko nggak melakukan pendekatan yang keras dan memaksa anaknya untuk berpuasa seharian penuh.

" Kalau masalah agama sejak dini sih walaupun bolong-bolong. Minimal bukan yang diajarin keras yang harus puasa full satu harian," ungkap Iko dalam video tersebut.

2 dari 3 halaman

Tidak Menjanjikan Hadiah

Iko Uwais Foto Telanjang Dada, Netizen Dug Dug Ser © Diadona

Iko dan Audi melatih anaknya untuk menjalankan puasa setengah hari. Mereka juga nggak menjanjikan hadiah jika sang anak lancar berpuasa.

Iko dan Audi nggak ingin anaknya mengharapkan hadiah setelah menjalankan puasa. Menurut Iko, hal ini akan membangun kebiasaan kurang baik pada anaknya.

" Takutnya kalau anak kecil dikasih iming-iming, jadi terbiasa dikasih. Kalau orang Betawi bilangnya tuman, kebiasaan," kata Iko.

3 dari 3 halaman

Mengajarkan Ikhlas

Iko Uwais dan Audy Item © Diadona

Pemain film " The Raid" itu lebih ingin anak-anaknya bisa memaknai ibadah puasa. Iko mengajarkan anaknya bahwa puasa merupakan kewajiban yang dilakukan dengan ikhlas.

" Ini kewajiban ya itu dia dari dini. Yang saya ajarkan ikhlas. Ini kita Muslim diajarin sebagai Muslim, bukan karena ada imbalan. Emang pertama ada imbalan apa, cuma saya lebih ajarin ke dia basic agama aja, sih," tutur Iko.

Semoga cara yang digunakan Iko Uwais bisa memberikan inspirasi buat kamu ya!

Beri Komentar