Ini Alasan Bayi Suka Memasukkan Benda ke Mulutnya

Family | Minggu, 13 Juni 2021 10:17

Reporter : Riza Umami

Ternyata ini sebabnya dan bagaimana sebaiknya respons ibu.

Anak bayi biasanya suka memasukkan ini itu ke dalam mulutnya ya Mom baik makanan atau bahkan benda yang sebenarnya tak bisa dikonsumsi seperti mainan dan lain sebagainya. Bahkan, lebih parahnya lagi kalau mereka mencoba memakan hewan kecil yang berhasil mereka tangkap.

Oleh sebab itulah, pada masa ini penting sekali untuk selalu mengawasi si kecil karena takut dia menelan barang atau bahkan binatang yang tidak diinginkan. Ibu perlu mengawasi anak dari waktu ke waktu karena kalau lengah sedikit saja bisa bahaya untuk bayi.

Ini Alasan Bayi Suka Memasukkan Benda ke Mulutnya
2 dari 4 halaman

Sebenarnya, alasan bayi suka memasukkan benda-benda yang ia temui ke mulutnya ini karena anak sedang memasuki fase oral. Lantas apakah yang dimaksud dengan fase oral tersebut? Berikut ini penjelasan singkatnya.

ilustrasi bayi bermainilustrasi bayi bermain © freepik.com

Dilansir dari postingan di akun Instagram @sahabatasibka, fase oral pada bayi ini adalah masa di mana anak ingin memasukkan semua benda atau bahkan tangan serta kakinya ke dalam mulutnya dikarenakan sedang ada perkembangan psikologis untuk pemenuhan rasa kepuasan anak.

3 dari 4 halaman

Kebiasaan yang satu ini biasanya terjadi ketika bayi sudah berusia empat bulan ke atas. Namun, ada pula beberapa anak yang sudah memulai kebiasaan memasukkan benda-benda ke mulutnya ini sejak di bawah umur empat bulan.

Ilustrasi BayiIlustrasi Bayi © https://www.shutterstock.com/id/g/Waridsara+Pitakpon

Kemudian, apa yang perlu Mom lakukan dalam fase yang satu ini? Sebenarnya, ibu tak perlu terus-terusan melarang anak untuk memasukkan berbagai benda yang ia temui ke mulutnya karena memang sudah fasenya. Yang perlu Mom lakukan yaitu memastikan bahwa benda-benda yang dimasukkan anak ke mulutnya ini memang bersih dan aman.

4 dari 4 halaman

Oleh sebab itulah, Mom perlu rutin membersihkan benda-benda seperti mainan atau barang kecil lain yang ada di sekitar anak untuk menjaga kebersihan dan keamanannya. Selain itu, jangan lupa untuk rajin membersihkan tangan dan kaki si kecil juga.

Meski terlihat sepele, sebenarnya kebiasaan anak yang satu ini juga berguna untuk melatih otot mulutnya untuk keperluan makan serta bicara. Selain itu, aktivitas ini dapat memperkuat rahang dan mengoordinasikannya dalam gerakan yang teratur dengan bibir, lidah dan juga pipi. Semoga informasi ini cukup membantu.

Terkait
Join Diadona.id