Ini Bahaya Bayi Tidur di Kasur yang Terlalu Empuk

Family | Selasa, 3 Agustus 2021 08:17

Reporter : Riza Umami

Ternyata ini bahayanya.

Mempunyai anak yang masih bayi, tentu ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan oleh orang tua apalagi kalau ini adalah pertama kalinya Mom menjadi seorang ibu, mulai dari pakaiannya, popok, ASI dan masih banyak lagi.

Salah satu hal yang juga perlu dipikirkan adalah tempat tidur bayi. Terkadang, ada beberapa Mom yang membelikan anaknya box bayi untuk tidur, tetapi ada pula ibu yang lebih memilih untuk satu ranjang dengan bayinya karena akan lebih memudahkan juga saat menyusui anaknya.

Ini Bahaya Bayi Tidur di Kasur yang Terlalu Empuk
2 dari 6 halaman

Ilustrasi Bayi TidurIlustrasi Bayi Tidur © 2019 https://www.diadona.id/cartoonsagainstcorruption.com

Kalau bayi tidur satu ranjang dengan ibunya, Mom tentu juga perlu memikirkan kasur yang digunakan bersama-sama dengan anak tersebut. Sejumlah ibu mungkin menggunakan jenis kasur yang empuk agar tidurnya nyenyak, tetapi kasur yang terlalu empuk ini justru tidak disarankan menjadi alas tidur untuk bayi yang baru lahir.

3 dari 6 halaman

Dilansir dari laman health.detik.com, dr Melisa Anggaeni, MBiomed, SpA, mengatakan bahwa ranjang yang terlalu empuk ini bisa membuat badan bayi melesak atau agak terbenam saat ditidurkan di sana. Hal ini bisa menyebabkan jalan napasnya jadi terganggu.

Ilustrasi Bayi Tidur TengkurapIlustrasi Bayi Tidur Tengkurap © shutterstock

4 dari 6 halaman

Hal ini pun bisa menyebabkan bayi berisiko mengalami sudden infant death syndrome (SIDS) atau kematian mendadak yang biasanya terjadi pada bayi berusia di bawah satu tahun. Tentu Mom tak mau anak sampai mengalaminya.

Dokter Melisa kemudian menyarankan supaya bayi yang baru lahir ini ditidurkan di tempat yang permukaannya rata atau tidak terlalu empuk. Dengan cara ini, anak pun tak akan mengalami kesulitan bernapas.

5 dari 6 halaman

Ilustrasi Bayi TidurIlustrasi Bayi Tidur © https://www.shutterstock.com/g/LeManna

Selain itu, ibu juga perlu menjauhkan bayi dari selimut yang tebal di mana selimut ini bukannya membuat tubuhnya jadi hangat tetapi malah bisa membuat anak seperti dibekap bila tak sengaja tersingkap hingga ke hidungnya karena tangan dan kaki bayi yang terus bergerak. Selimut yang terlalu tebal seperti ini juga bisa menyebabkan SIDS.

6 dari 6 halaman

Daripada menyelimuti bayi seperti ini, Mom cukup memastikan suhu udara di dalam kamar tersebut tidak terlalu dingin dan juga panas untuk si kecil, bisa dengan menggunakan kipas angin atau yang lainnya yang tidak terkena langsung ke badan bayi.

Nah, itulah ulasan mengenai bahaya kasur yang terlalu empuk untuk bayi yang baru lahir. Bila ibu memang berniat tidur seranjang dengan bayi, pastikan untuk memilih kasur yang cukup keras agar aman digunakan bersama anak. Semoga membantu.

Join Diadona.id