Ini Beberapa Hal yang Sebabkan Bayi Sering Muntah, Apakah Bahaya Mom?

Family | Selasa, 22 September 2020 09:17
Ini Beberapa Hal yang Sebabkan Bayi Sering Muntah, Apakah Bahaya Mom?

Reporter : Riza Umami

Pertanda apa ya?

Ibu pasti akan merasa khawatir ketika terjadi sesuatu pada anaknya seperti ia mudah muntah dan sulit makan. Sebenarnya, apabila muntahnya hanya sekali dua kali bukanlah hal yang berbahaya. Namun, bila berulang kali dan sering, maka ibu pun perlu waspada.

Ada banyak hal yang menyebabkan bayi muntah, salah satunya karena fungsi saluran pencernaan yang belum sempurna dari segi fungsi. Dilansir dari laman klikdokter.com, hal ini disebabkan karena berbagai enzim yang belum dihasilkan oleh tubuh. Namun, biasanya kondisi ini akan segera membaik ketika anak sudah berusia tujuh bulan.

2 dari 4 halaman

Kemudian, penyebab yang kedua bisa disebabkan karena pemberian ASI yang berlebihan. Meski bayi wajib diberikan ASI setelah lahir sampai usianya mencapai enam bulan, tetapi harus diberikan dalam jumlah yang cukup dan tidak perlu berlebihan agar anak tidak sampai muntah.

Selain itu, posisi yang salah saat menyusui ternyata juga bisa menyebabkan bayi jadi muntah. Pastikan bayi ini dalam posisi yang datar saat minum ASI sehingga akan menghindarinya sampai muntah dan akan lebih baik jika posisinya telentang dengan elevasi kepala 45 derajat untuk menghindari muntah.

3 dari 4 halaman

 Penyebab Bayi MuntahPenyebab Bayi Muntah © todaysparent

Yang perlu diwaspadai saat bayi sering muntah adalah kondisi berikut ini. Beberapa jenis infeksi bisa menjadi penyebab si kecil sering muntah. Beberapa infeksi ini adalah infeksi saluran pernapasan, saluran kemih, telinga atau saraf.

Pada infeksi saluran pernapasan, biasanya muntahnya ini terjadi karena bayi sulit mengeluarkan dahaknya. Kemudian, pada infeksi saluran kemih, muntah ini akan diiringi dengan adanya demam. Waspadai pula bila si kecil sering muntah dan disertai dengan gejala seperti demam, batuk, atau kejang. Segera bawa ke dokter.

4 dari 4 halaman

Selain itu, bayi sering muntah ini juga bisa disebabkan karena penyakit refluks asam lambung yang biasanya disertai dengan bercak darah, anak tak mau minum susu dan beberapa gejala lainnya. Penyakit ini harus segera ditangani oleh dokter.

Terakhir, sering muntah ini bisa disebabkan karena gangguan pada usus anak yaitu karena adanya sumbatan di sana seperti dalam kasus intususepsi yaitu ketika salah satu bagian pada usus masuk ke dalam bagian usus lainnya. Namun, kasus ini cukup jarang ditemui.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan bayi sering muntah. Semoga bermanfaat ya, Mom.

Join Diadona.id