Ini Cara Parenting Anak Kembar Biar Gak Suka Rebutan Mom

Family | Sabtu, 15 Januari 2022 12:17

Reporter : Riza Umami

Gimana ya caranya?

Mengasuh dan merawat dua anak kembar sekaligus mungkin bukan hal yang mudah ya Mom karena butuh tenaga dan usaha ekstra. Meski demikian, pasti seneng banget melihat anak-anak yang lucu-lucu dengan tingkah yang menggemaskan.

Biasanya, anak kembar ini suka sekali rebutan ya Mom mulai dari pakaian, mainan atau bahkan orang tuanya. Lantas, gimana sih caranya biar anak kembar ini gak terlalu sering rebutan sama saudaranya kembarnya?

Ini Cara Parenting Anak Kembar Biar Gak Suka Rebutan Mom
2 dari 5 halaman

Belikan Barang yang Sama

ilustrasi anak kembarilustrasi anak kembar © mykidsite.com

Ada beberapa hal yang bisa ibu lakukan, salah satu yang udah sering dilakukan orang tua yaitu membelikan anak kembarnya ini barang-barang yang sama. Gak cuma modelnya yang sama, terkadang warnanya pun juga sengaja dipilihkan yang sama biar gak saling rebutan.

3 dari 5 halaman

Tidak Membanding-bandingkan

Ilustrasi Anak KembarIlustrasi Anak Kembar © pixabay.com/okboks

Ibu pun sebaiknya tidak membandingkan dua anak kembarnya apalagi biasanya mereka mempunyai perasaan yang peka satu sama lain. Jangan menyakiti perasaan anak dengan membandingkan mereka baik dalam sikap, prestasi atau yang lainnya agar anak kembar tetap rukun dan kompak.

4 dari 5 halaman

Menghargai Setiap Anak

Ilustrasi Anak KembarIlustrasi Anak Kembar © Jens Johnsson/unsplash.com

Pastikan bahwa ibu bisa menghargai setiap anak dengan sama. Mungkin saat sudah dewasa, mereka tak perlu lagi pakai baju yang sama dan hal tersebut tak masalah. Biarkan anak memilih barang-barang yang memang mereka mau sendiri dan hargai pilihan anak-anak tersebut.

5 dari 5 halaman

Berikan Kasih Sayang dengan Adil

ilustrasi anak kembarilustrasi anak kembar © kinderling.com.au

Terakhir dan salah satu yang paling penting, ibu harus memberikan kasih sayang yang adil pada anak kembar. Jangan berat sebelah dalam memberikan cinta untuk anak karena ini bisa menimbulkan kebencian dan rasa iri pada saudaranya yang lebih disayang.

Itulah beberapa hal yang bisa ibu lakukan agar anak kembar selalu rukun dan gak suka rebutan. Semoga beberapa tips ini cukup membantu ya Mom.

Join Diadona.id