Ini Pencegahan Gigi Berlubang Pada Anak Balita

Reporter : Riza Umami
Jumat, 27 Agustus 2021 07:17
Ini Pencegahan Gigi Berlubang Pada Anak Balita
Berikut yang perlu dilakukan.

Ibu tentu ingin agar buah hatinya mempunyai gigi yang sehat dan juga rapi. Kesehatan gigi dan mulut anak ini memang salah satu hal yang perlu ibu perhatikan terutama pada anak balita yang terkadang masih belum bisa melakukan banyak hal sendiri.

Dilansir dari laman orami.co.id, pertumbuhan gigi sulung pada anak ini sebenarnya sudah dimulai ketika ia masih berada di dalam kandungan. Di usia kehamilan kurang lebih lima minggu, tunas pertama gigi sulung ini akan muncul di rahang bayi.

1 dari 5 halaman

Pada anak balita, biasanya mereka sudah mengonsumi berbagai jenis makanan seperti yang manis-manis, buah-buahan, masakan sehari-hari dan lain sebagainya karena anak yang berusia di atas 6 bulan sudah mulai MPASI.

Oleh sebab itu, ibu perlu memperhatikan kesehatan gigi dan mulut anak yang mungkin terganggu dengan berbagai makanan yang ia konsumsi bahkan bisa menyebabkan giginya berlubang nanti bila tidak dirawat dengan benar.

2 dari 5 halaman

ilustrasi bayi merangkak © Diadona

Dokter Spesialis Gigi Anak dari OMNI Hospitals Alam Sutera yaitu drg. Evrita Ramli, Sp.KGA, menjelaskan bahwa karies gigi atau yang biasa disebut gigi berlubang ini bisa terjadi pada anak yang berusia 2 tahun dan juga bergantung dari cara perawatan gigi si kecil.

3 dari 5 halaman

" Sejak anak tumbuh gigi yang pertama, maka giginya harus dibersihkan. Bila tidak pernah dibersihkan sama sekali, biasanya anak sudah mempunyai karies gigi yang banyak di usia 2-3 tahun," kata drg. Evrita menjelaskan.

Oleh sebab itulah ada beberapa hal yang perlu Mom lakukan untuk mencegah gigi berlubang pada anak balita ini. Yang pertama yaitu mulai ajari anak untuk rutin menyikat giginya setiap hari untuk menjaga kesehatan gigi serta mulutnya.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Bayi © Diadona

Kemudian, sebaiknya anak menggunakan pasta gigi dengan flouride di mana kandungannya bisa melindungi gigi dari asam yang dilepaskan oleh bakteri saat memakan gula dan pati sehingga bisa membantu mencegah gigi berlubang pada anak.

5 dari 5 halaman

Selanjutnya, Mom juga perlu memilih sikat gigi yang nyaman dan menarik untuk buah hati agar dia makin semangat untuk sikat gigi tiap hari. Sebaiknya, ibu juga menghindari anak minum susu sebelum tidur. Lebih baik minum susu dulu kemudian dilanjutkan dengan anak sikat gigi.

Nah, itulah beberapa pencegahan sederhana yang bisa Mom lakukan untuk mencegah gigi anak balita berlubang. Sebaiknya, anak juga melakukan kontrol ke dokter gigi dengan ruting setiao 6 bulan sekali untuk memastikan kesehatan giginya. Semoga ulasan ini cukup membantu ya Mom.

Beri Komentar