Ini Sederet Jenis Sentuhan Orang Tua yang Diperlukan oleh Buah Hati

Reporter : Riza Umami
Rabu, 20 Januari 2021 18:17
Ini Sederet Jenis Sentuhan Orang Tua yang Diperlukan oleh Buah Hati
Jenis sentuhan orang tua untuk anak.

Sentuhan dari orang tua yang dipenuhi dengan kasih sayang tentu dibutuhkan oleh anak-anaknya karena itu adalah salah satu cara orang tua mengekspresikan rasa cintanya pada anak, untuk memberikan semangat dan juga untuk menenangkan buah hati.

Dilansir dari laman id.theasianparent.com, ada beberapa jenis sentuhan yang dilakukan orang tua pada anaknya. Yang pertama yaitu bergandengan tangan. Menggandeng tangan anak saat berjalan bersama waktu ke mall atau pergi ke luar rumah, bisa memberikan rasa aman pada buah hati.

1 dari 3 halaman

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Ibu pun akan merasa lebih tenang saat pergi ke sebuah tempat yang cukup jauh atau ramai sambil memegang tangan anaknya agar tak sampai hilang. Yang cukup unik, ternyata bayi yang belajar berjalan dengan dituntun orang tuanya pun akan lebih cepat bisa berjalan dibandingkan menggunakan alat bantu latihan berjalan.

2 dari 3 halaman

Jenis sentuhan yang berikutnya yaitu pelukan. Memeluk anak biasanya sangat ampuh untuk menenangkannya ketika anak menangis atau sedang butuh dukungan dari orang tuanya. Meski anak yang sudah cukup besar mungkin akan malu saat dipeluk oleh orang tuanya, tetapi di lubuk hati mereka sebenarnya anak akan merasa dicintai oleh ayah dan ibunya.

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Selanjutnya yaitu mencium buah hati. Sentuhan yang satu ini juga sangat tepat untuk mengekspresikan rasa cinta dan sayang kepada anak. Buah hati pun juga akan merasa begitu berharga dan dicintai oleh orang tuanya. Biasanya yang paling umum adalah dengan mencium pipi atau kening anak.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Memijat Bayi © Diadona

Jenis sentuhan yang terakhir adalah dengan pijatan. Memijat anak pun akan sangat berguna untuk mengurangi atau menghilangkan rasa pegal-pegal yang buah hati rasakan. Pijat lembut anak agar dia tidak sampai kesakitan. Pada bayi pun, pijatan ini bagus untuk merangsang sistem sarafnya yang mengontrol penyerapan makanan serta menurunkan kadar hormon penyebab stres.

Itulah beberapa jenis sentuhan yang bisa orang tua lakukan untuk anaknya baik yang masih kecil atau sudah besar. Semoga ulasan ini bermanfaat ya Mom.

Beri Komentar