Ini Tiga Media Bermain yang Bisa Bantu Cerdaskan Buah Hati

Reporter : Riza Umami
Senin, 24 Januari 2022 22:17
Ini Tiga Media Bermain yang Bisa Bantu Cerdaskan Buah Hati
Apa saja ya Mom?

Mainan menjadi salah satu media yang bagus untuk menstimulasi perkembangan anak baik motorik, sensorik dan juga kecerdasannya. Ada banyak pula mainan yang bisa digunakan oleh buah hati dan disesuaikan dengan usianya.

Uniknya, tiga media berikut ini ternyata bisa membantu untuk mencerdaskan buah hati. Hal ini disampaikan oleh seorang konselor parenting dan keluarga bernama Farida Nuraini melalui akun TikTok-nya yaitu @farida.nuraini.

1 dari 4 halaman

Yang pertama yaitu Lego. Ternyata, main lego ini bisa bagus untuk membantu mencerdaskan anak di mana mereka aktif menyusun balok-balok tersebut sesuai dengan keinginannya dan imajinasinya.

Ilustrasi Anak Bermain Lego © Diadona

2 dari 4 halaman

Anak bisa menyusun lego jadi rumah, benteng, istana atau yang lainnya. Saat menyusun balok-balok tersebut, otak anak pun akan terus berpikir. Hal inilah yang bisa membantu mencerdaskan anak.

Yang kedua yaitu plastisin atau malam. Saat memainkan plastisin, anak bisa membentuknya menjadi apa saja yang dia inginkan misalnya menjadi ular-ularan, bola, bunga dan masih banyak lagi.

3 dari 4 halaman

Hal inilah yang bisa merangsang kecerdasan anak. Buah hati bisa membentuk malam itu sesuai dengan imajinasinya. Jangan lupa berikan pujian atas hasil karya anak dari plastisin tersebut agar ia pun tambah semangat bikinnya.

Yang terakhir yaitu pasir. Media yang satu ini sangat mudah ditemui dan kerap dihindari oleh sejumlah ibu karena bisa bikin anak kotor semua. Padahal, pasir ini ternyata media bermain yang juga bisa membantu mencerdaskan anak lho, Mom.

Ilustrasi Anak Bermain Pasir © Diadona

4 dari 4 halaman

Media pasir ini ternyata sangat bagus untuk anak. Ketika ia memegang pasir, hal ini bisa merangsang saraf-saraf yang ada di tangan anak. Begitu pula saat anak menginjak pasir, saraf-saraf yang ada di telapak kaki juga bisa terangsang.

Kemudian anak bisa berpikir dengan aktif, pasirnya ini mau dia apakan misalnya dibuat istana, benteng-bentengan atau mungkin dimasukkan ke dalam botol. Anak bisa berpikir sekreatif mungkin dan semaunya.

Itulah beberapa media mainan yang bisa ibu gunakan dalam membantu mencerdaskan buah hati. Ternyata mainan yang biasa saja bisa sangat berpengaruh untuk anak ya Mom. Ada yang punya rekomendasi mainan lain gak nih Mom untuk anak?

Beri Komentar