Jadi Single Parent, Ini Cara Jessica Iskandar Rawat El Barack

Family | Minggu, 18 April 2021 07:37
Jadi Single Parent, Ini Cara Jessica Iskandar Rawat El Barack

Reporter : Audila Rima Ndani

Jessica Iskandar bicara soal caranya mendidik El Barack.

Peran sebagai single parent sudah cukup umum terjadi di tengah masyarakat. Seringkali seorang single parent dihadapkan dengan tantangan untuk membagi waktu antara bekerja dan merawat anak mereka.

Hal itu tentu nggak mudah untuk dilalui. Namun para single parent biasanya punya cara mereka sendiri dalam mendidik dan membesarkan buah hatinya.

Jessica Iskandar merupakan artis yang juga dikenal sebagai seorang single parent. Putranya, El Barack, sering mencuri perhatian masyarakat karena tingkahnya yang menggemaskan.

Sebagai seorang single parent, Jessica tentu punya cara sendiri untuk mendidik El Barack. Dilansir dari video yang diunggah di channel Youtube Celine Evangelista, Jessica menceritakan bagaimana kehidupannya sebagai single parent dan caranya mendidik El.

2 dari 5 halaman

Menjelaskan mengapa yang dilakukan salah

 El Barack dan Jessica IskandarEl Barack dan Jessica Iskandar © instagram / @inijedar

Jessica mengatakan bahwa kehadiran El membuat kehidupannya bahagia. Namun tentu ada waktu di mana El bersikap nakal dan membuat ulah.

Menurut Jessica, dia justru nggak masalah jika El nakal saat kecil daripada saat dewasa. Jessica selalu memberikan penjelasan pada El saat sang anak berbuat salah.

" Ngomong aja kasih tahu 'El itu salah ya, nggak boleh kayak gitu, kamu tau nggak kalau kamu kayak gitu kamu akan begini, jadi jangan oke?' gitu," ungkap Jessica.

3 dari 5 halaman

Batasi penggunaan gadget

 Jessica Iskandar Bagi-Bagi Sembako, El Barack Ikut Sumbang Rp 500 Ribu dari TabungannyaJessica Iskandar Bagi-Bagi Sembako, El Barack Ikut Sumbang Rp 500 Ribu dari Tabungannya © © MEN

El kini telah duduk di bangku kelas dua Sekolah Dasar. Di masa pandemi COVID-19, El menjalani sekolah online di Bali.

Jessica mengaku bahwa sejak kepindahannya ke Bali, dia mulai membatasi penggunaan gadget pada anaknya. Untungnya El juga tipe anak yang penurut dengan keputusan yang dibuat sang ibu.

" Dia selama di Jakarta kan selalu dapet TV sama Ipad, pas di Bali aku nggak kasih. Aku cuma batesin, cuma boleh main gadget itu di hari Jumat dan Sabtu, dan itu pun cuma sejam," kata Jessica.

4 dari 5 halaman

Biasakan El bersih-bersih

 Jessica Iskandar dan El BarackJessica Iskandar dan El Barack © instagram.com/@inijedar

Menurut Jessica, yang paling penting adalah memberi pengertian pada anak saat membuat aturan untuk mereka. El bahkan juga dibiasakan untuk bersih-bersih sendiri, dari menyapu hingga mengepel.

Jessica memang ingin membuat El menjadi mandiri. Cara yang dipilih Jessica adalah dengan menjadi contoh untuk sang buah hati.

" Karena sebenernya anak tuh ngeliat apa yang kita lakuin. Kalau kita bisa dibilangin, anak juga pasti bisa dibilangin. Kalau kita teratur, anak juga teratur. Kalau kita disiplin, anak juga disiplin, karena sebenernya role model anak itu ya orangtuanya," ujar Jessica.

5 dari 5 halaman

Mengajari anak untuk mencintai diri sendiri

 Jessica Iskandar dan El BarackJessica Iskandar dan El Barack © instagram @inijedar

Menjadi role model untuk anak tentu merupakan sebuah tanggung jawab yang besar bagi orang tua. Jessica merasa bahwa sebelum menjalani peran itu, dia harus bisa mencintai dirinya sendiri terlebih dahulu. Dia bahkan selalu mengajarkan anaknya untuk mencintai diri sendiri sebelum mencintai dirinya sebagai ibu.

" El Barack sebelum kamu mencintai Mama, kamu harus mencintai diri kamu sendiri, karena diri kamu itu adalah diri kamu yang paling penting," tutur Jessica.

Semoga cara Jessica ini bisa menginspirasi kamu ya, Moms!

Join Diadona.id