Jangan Biarkan Anak Punya Kebiasaan Nguping, Ini yang Bisa Dilakukan

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 12 Oktober 2020 07:37
Jangan Biarkan Anak Punya Kebiasaan Nguping, Ini yang Bisa Dilakukan
Kebiasaan nguping memang cukup normal terjadi pada anak, tapi jangan dibiarkan!

Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan anak, mereka mungkin akan mulai mengembangkan kebiasaan-kebiasaan baru dalam diri mereka. Sebagai orang tua tentu kita akan senang jika anak punya kebiasaan yang baik.

Namun nggak bisa dipungkiri kalau kebiasaan buruk juga terkadang muncul dalam diri anak-anak kita. Salah satunya seperti menguping.

Dilansir dari Parents, menguping sebenarkan merupakan kebiasaan yang cukup umum terjadi pada anak kecil. Tapi tentunya kita nggak mau dong kalau anak sampai menguping pembicaraan orang dewasa yang belum boleh dia dengarkan?

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Orang Tua Bertengkar di Dekat Anak © Diadona

Kebiasaan menguping merupakan bagian dari masa kecil anak-anak yang cukup normal. Tapi para ahli menjelaskan bahwa kebiasaan ini tentu nggak baik jika dibiarkan.

Saat anak menginjak usia dua belas tahun, biasanya mereka mulai kagum dengan dunia orang dewasa. Mereka akan mulai mencoba mencari tahu bagaimana orang dewasa menjalani hidup mereka, termasuk cara bicara dan ucapan yang disampaikan.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Orangtua dan Anak © Diadona

Itulah sebabnya menguping mungkin menjadi salah satu cara yang dilakukan anak untuk mencoba mencari tahu tentang arti dari menjadi dewasa. Seorang psikolog klinis di Maryland, Samantha Rodman, Ph.D., mengungkapkan bahwa anak-anak ingin belajar tentang dunia dan mencari tahu bagaimana orang dewasa berpikir dan merasakan sesuatu.

Meskipun pada dasarnya anak-anak memang punya rasa ingin tahu yang tinggi, namun menguping tetap bukanlah hal yang baik. Bisa aja anak mendengarkan percakapan yang nggak tepat dari orang tua mereka.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Anak Sedih © Diadona

Sementara percakapan yang nggak sesuai usia anak bisa menyebabkan kecemasan dalam diri mereka. Dikhawatirkan hal ini justru akan berdampak buruk bagi diri mereka.

Makanya kebiasaan menguping yang dilakukan anak perlu kita atasi. Sebagai orang tua kita bisa mengarahkan anak agar berhenti melakukan hal itu.

4 dari 4 halaman

Salah satunya adalah dengan memberitahu mereka bahwa kita juga punya hak atas privasi. Jelaskan bahwa mereka bisa mendatangi kita dan menanyakan apa pun, namun setiap orang juga berhak mendapatkan privasi jika sedang bicara dengan teman atau pasangan.

Jangan merasa buruk saat kita mengajarkan anak aturan dasar tentang privasi. Kita bisa memberitahu anak bahwa mereka nggak boleh mendengarkan percakapan kita saat pintu kamar tertutup dan hal itu merupakan hal yang normal dilakukan.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu ya!

Beri Komentar