Jangan Kebanyakan! Ini Dampak Konsumsi Junk Food terhadap Produksi ASI, Moms!

Reporter : Hevy Zil Umami
Senin, 29 Juni 2020 16:45
Jangan Kebanyakan! Ini Dampak Konsumsi Junk Food terhadap Produksi ASI, Moms!
Kenikmatan junk food memang sudah ditolak sih ya Mam, tapi ayo dipikir efek jangka panjangnya.

Mengonsumi junk food mungkin adalah hal yang disukai banyak orang. Kenikmatan rasa yang menggoyang lidah dengan berbagai macam jenis makanan yang gurih-gurih, tak elak jadi ahlinya dalam memanjakan lidah.

Namun sebagai seorang ibu yang tengah menyusui, penting untuk tetap menjaga dan memperhatikan nutrisi yang masuk ke tubuh ya Mam. Makanan yang masuk tentu tak hanya membuat kenyang, namun juga harus memenuhi segala macam kebutuhan yang diperlukan, demi kelancaran ASI.

1 dari 3 halaman

Perhatikan Nutrisi saat Menyusui

Ilustrasi Ibu Menyusui © Diadona

Baca Juga:

Apalagi saat ASI jadi satu-satunya sumber nutrisi untuk si kecil, apa yang Mama makan, adalah sama dengan apa yang si kecil dapatkan.

Saat memproduksi ASI, Mama memang memerlukan kalori, mungkin Mama akan berpikir bahwa junk food atau kue-kue manis mengandung banyak kalori yang akan memenuhi kalori yang Mama butuhkan. Eits, tunggu dulu, faktanya, kalori yang terdapat dalam junk food atau kue-kue manis, hanyalah kalori kosong, yang tak akan memberikan dampak signifikan bagi produksi ASI.

2 dari 3 halaman

Makanan dengan Kalori Kosong

Ilustrasi Pizza © Diadona

Nah, ini dia nih daftar makanan yang memiliki kalori kosong;

- Keju tinggi lemak
- Hot dogs
- Es krim
- Pizza
- Makanan beku
- Ayam goreng
- Pastry
- Keripik
- Donat
- Kue
- Permen, dan
- Cokelat

Makanan di atas walau terkesan praktis untuk didapatkan, namun jika dikonsumsi hanya akan memberikan rasa kenyang, tanpa adanya nutrisi bagi kesehatan tubuh.

3 dari 3 halaman

Minuman dengan Kalori Kosong

Ilustrasi Minuman Soda © Diadona

Lalu, ini dia minuman yang juga mengandung kalori kosong;

- Jus kemasan
- Minuman berenergi, dan
- Soda

Baiknya, ganti minuman di atas dengan air putih, jus buah segar, atau susu rendah lemak ya Mam, itu akan lebih baik untuk produksi ASI.

Mengonsumi junk food tentu bukan hal yang mutlak tak boleh sama sekali Mama konsumsi, hanya saja batasi jumlahnya, jangan terlena dengan rasanya yang nikmat di lidah, namun tak nikmat untuk tubuh ya, Mom. Semoga membantu.

Beri Komentar