Kapan Bayi Mulai Tumbuh Gigi?

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 11 Januari 2021 07:37
Kapan Bayi Mulai Tumbuh Gigi?
Ketahui usia umum bayi mulai tumbuh gigi.

Menjadi ibu baru adalah pengalaman yang terasa menakjubkan sekaligus membingungkan di saat yang bersamaan. Banyak hal seputar anak yang masih perlu kita pelajari sebagai seorang ibu baru.

Mengamati tumbuh kembang bayi setiap harinya adalah sebuah rutinitas yang perlu kita perhatikan. Kita tentu nggak ingin dong kelewatan setiap momen pertama yang dialami oleh buah hati kita.

Salah satu momen pertama perkembangan buah hati adalah pertumbuhan gigi. Beberapa di antara kita mungkin bertanya-tanya kapan kira-kira bayi mulai tumbuh gigi ya?

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Bayi Tumbuh Gigi © Diadona

Dilansir dari Verywellfamily, bayi mungkin akan lebih rewel dari biasanya saat mulai tumbuh gigi. Selain itu mereka juga mungkin terlihat seperti mengunyah sesuatu atau sering mengeluarkan air liur.

Rata-rata bayi mulai tumbuh gigi antara usia 4 bulan hingga 1 tahun. Gigi pertama bayi akan mulai mengintip melali gusi mereka.

Tapi kita nggak perlu panik saat bayi belum menunjukkan tanda-tanda tumbuh gigi meski sudah memasuki usia 6 bulan. Perlu kita ingat bahwa setiap bayi memiliki perkembangan yang berbeda-beda.

2 dari 4 halaman

ilustrasi bayi ngiler © Diadona

Beberapa bayi nggak mulai tumbuh gigi hinggan berusia 9 bulan. Sementara bayi lain mungkin tumbuh gigi sejak berusia 3 bulan.

Tapi jika kita benar-benar khawatir dengan perkembangan bayi, sebaiknya kita menemui dokter anak untuk berkonsultasi. Dokter tentu akan memberikan jawaban tepat yang bisa mengatasi keraguan dalam hati kita.

Dua gigi seri tengah di baris bawah mulut biasanya merupakan gigi pertama yang muncul pada bayi. Jika bayi belum mengalaminya, nggak perlu khawatir Moms!

3 dari 4 halaman

Urutan pertumbuhan gigi dapat bervariasi pada setiap bayi. Bayi yang lahir prematur atau dengan berat badan lahir sangat rendah mungkin juga mengalami keterlambatan tumbuh gigi.

Tumbuh gigi merupakan tanda bahwa bayi berkembang dengan sehat. Saat gigi bayi tumbuh lengkay, kita bisa mulai memperbanyak jenis makanan yang bisa dikonsumsi bayi untuk belajar mengunyah.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Bayi © Diadona

Bayi akan menunjukkan beberapa tanda saat giginya mulai tumbuh. Berikut beberapa di antaranya:

1. Meneteskan liur lebih dari biasanya
2. Mengalami ruam ringan akibat air liur
3. Demam ringan
4. Punya gusi yang bengkak dan sensitif
5. Bersikap sangat rewel atau mudah tersinggung
6. Mulai mengunyah makanan keras
7. Menolak makan

Semoga informasi ini bisa menjawab rasa penasaran kamu ya!

Beri Komentar