Kapan Lebaran Idul Fitri 2021? Ini Jadwal Sidang Isbat Kemenag dan Muhammadiyah

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 10 Mei 2021 14:39
Kapan Lebaran Idul Fitri 2021? Ini Jadwal Sidang Isbat Kemenag dan Muhammadiyah
Lebaran Idul Fitri 2021 untuk Muhammadiyah akan jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021

Lebaran Idul Fitri 2021 tinggal menghitung hari. Namun, untuk tanggal jatuh pasti, masih banyak masyarakat yang mempertanyakannya. Tanggal berapa ya?

D kutipan dari tirto, Lebaran Idul Fitri 2021 bagi Muhammadiyah akan jatuh pada tanggal 13 Mei 2021. Penetapan ini dilakukan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Sementara itu, dikutip dari ANTARA News, Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1424 H jatuh pada tanggal 13 April 2021. Penetapan ini sudah dikeluarkan sejak bulan Februari lalu seperti kebiasaan sebelumnya di mana penetapan tanggal-tanggal sudah dilakukan jauh-jauh hari.

Tinggi bulan baru saat matahari terbenam di Yogyakarta pada 12 Mei berada di ketinggian 5 derajat 30 menit 58 detik.

Nah, sementara itu Kementrian Agama baru akan mengelar sidang isbat penentuan Lebaran Idul Fitri 2021 pada Selasa (11/5) atau bertepatan dengan tanggal 29 Ramadhan 1442 H untuk menentukan hari Lebaran 2021, menurut Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, keterangan dalam resminya beberapa waktu lalu.

"Isbat awal Syawal digelar 11 Mei 2021 atau bertepatan dengan 29 Ramadan 1442 H secara berani dan luring," katanya

1 dari 3 halaman

Lebaran Idul Fitri 2021 © Diadona

Dilansir dari CNN, sidang isbat akan dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Oleh sebab itu, tidak akan ada perwalian atau undangan yang hadir di kantor Kementrian Agama. Sementara itu, pemantauan hilal akan dilakukan oleh Kemenag di 88 titik di Indonesia.

Agus Salim, Direktur Urusan Agaman Islam dan Pembinaan Syariah menjelaskan kalau sidang isbat penentuan Lebaran Idul Fitri 2021 akan digelar dalam beberapa tahapan.

Di sesi pertama yang akan digelar mulai pukul 16.45, sidang akan diisi dengan pemaparan posisi hilal Awal Syawal 1442H oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag.

Tahap selanjutnya dilakukan setelah maghrib yakni sidang isbat, diawali dengan mendengarkan laporan data hisab dan pemantauan hilal. Hasil sidang akan diumumkan oleh Menteri Agama secara telekonferensi dan disiarkan langsung di TVRI serta live streaming sosial media.

2 dari 3 halaman

Lebaran Idul Fitri 2021 dengan Kondisi Pandemi

Sayangnya tahun ini kita masih nggak bisa merayakan lebaran Idul Fitri 2021 dengan saling mengunjungi sanak saudara karena pandemi. Pemerintah juga telah memberlakukan larangan mudik untuk mencegah penyebaran virus corona lebih jauh. Agar silaturahmi-mu tetap tersampaikan, sepertinya kamu butuh rekomendasi hampers lebaran Idul Fitri 2021 nih! Cek daftarnya di artikel Diadona berikut ya!

Biar hampers untuk lebaran Idul Fitri 2021 kamu nggak rusak selama proses pengiriman, perhatikan juga tips dari Chef Rahmat Kusnedi di artikel berikut.

3 dari 3 halaman

Lebaran Idul Fitri 2021 © Diadona

Lalu untuk kamu yang ingin mengirimkan ucapan selamat lebaran lewat chat, barangkali kamu tiba-tiba buntu dan tak bisa merangkai kata, yuk cek aja kata-kata lebaran Idul Fitri 2021 dari Diadona berikut ini:

" Untuk telinga yang sering mendengar cerca, dari lisan yang kerap tak terjaga. Mohon maaf dari hati yang terdalam. Selamat Hari Raya Idul Fitri."

" Salah tak bisa dicegah, dendam tak akan menyelesaikan masalah, izinkan aku memohon maaf, agar langkah ke depan menjadi mudah. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin."

" Ramadhan membasuh hati yang berjelaga, saatnya meraih rahmat dan ampunan-Nya. Untuk lisan dan sikap yang tak terjaga, mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya. Selamat Hari Raya Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1442 H"

" Mata sering salah menatap, mulut sering salah berucap, hati sering salah prasangka, dengan niat yang tulus dan suci saya mengucapkan mohon maaf lahir dan batin.

" Salah kata pernah terucap, salah sikap pernah terungkap, kembali fitrah selalu diharap. Selamat Hari Raya Idul Fitri, Minal Aidin Wal Faizin. Mohon Maaf Lahir dan Batin."

Lebaran Idul Fitri 2021 mungkin akan terasa berbeda karena nggak bisa melaluinya dengan biasa. Tapi, tetap semangat ya!

Beri Komentar