Kapan Waktu yang Tepat Ajarkan Anak Gunakan Gelas Bayi?

Reporter : Riza Umami
Senin, 22 Februari 2021 07:17
Kapan Waktu yang Tepat Ajarkan Anak Gunakan Gelas Bayi?
Kapan ya Mom?

Saat si kecil sudah ibu berikan makanan pendamping ASI atau yang biasa disebut dengan MPASI, anak pun mulai banyak belajar tentang makan dan minum. Dia mulai mengenal berbagai tekstur makanan dan minuman yang diberikan padanya disertai dengan cara penggunaan peralatan makan tersebut.

Dilansir dari laman hellosehat.com, salah satu yang perlu ibu ajarkan yaitu cara minum dari gelas. Terkadang, ada sejumlah bayi yang sudah terbiasa dan nyaman pakai botol, sehingga akan kesusahan waktu memakai gelas. Lantas kapan ya Mom waktu yang tepat untuk mengajarkan anak pakai gelas bayi?

1 dari 2 halaman

Menyusu tentu tak hanya dari ibu tetapi bisa juga dari botol susu. Saat anak makin besar, dia pun perlu belajar minum menggunakan gelas daripada terus-menerus pakai botol. Untuk anak yang lagi belajar minum dari gelas, ibu bisa memilihkan gelas bayi yang memang sudah didesain khusus untuk si kecil.

Ilustrasi Bayi © Diadona

Gelas bayi ini biasanya punya bentuk beragam yang akan memudahkan anak untuk minum. Selain itu, gelasnya pun dilengkapi dengan pegangan pada sisi gelasnya dan ada tutupnya yang berlubang serta mengerucut. Berbagai jenis minuman seperti air, susu atau yang lainnya bisa dengan mudah diminum oleh anak.

2 dari 2 halaman

Ibu pun perlu menunggu waktu yang tepat untuk mengajarkan si kecil pakai gelas bayi karena kalau dia belum siap, mungkin bayi jadi tersedak saat minum dari gelas tersebut. Sebenarnya tak ada patokan usia kapan anak diajari pakai gelas bayi, tetapi ia perlu keterampilan motorik yang cukup baik untuk bisa memegang gelasnya saat minum.

Meski tak ada patokan usia, biasanya pada usia 5 sampai 9 bulan, anak sudah bisa minum dengan gelas bayi. Dengan mengetahui usia tersebut, ibu bisa menggunakannya sebagai acuan kapan sudah bisa mulai mengajari anak pakai gelas bayi. Di usia tersebut, si kecil sudah mulai bisa memegang gelas dan otot di sekitar mulut cukup mampu untuk mengatur banyaknya air yang perlu anak minum. Nah, itulah jawabannya, semoga cukup membantu.

Beri Komentar