Kapan Waktu yang Tepat Anak Ikut Latihan Bela Diri?

Family | Rabu, 14 Oktober 2020 17:17
Kapan Waktu yang Tepat Anak Ikut Latihan Bela Diri?

Reporter : Riza Umami

Kapan ya Mom kira-kira?

Setiap anak akan sangat bagus bila bisa melindungi dirinya sendiri karena sekarang ini makin marak kasus penculikan dan pencurian. Selain itu, orang tua tak bisa selalu menemani anak selama 24 jam karena berbagai kesibukan lainnya.

Oleh sebab itulah beberapa orang tua ingin anaknya mulai berlatih bela diri agar anak bisa melindungi dirinya sendiri. Selain itu, salah satu jenis olahraga ini juga bagus untuk melatih kebugaran fisik anak dan juga mengajarkan kedisiplinan padanya.

2 dari 3 halaman

Namun, terkadang kalau anak masih terlalu kecil, ibu jadi khawatir ya kalau si kecil nanti sampai terluka pas latihan bela diri. Lalu-kira-kira usia berapa yang paling tepat bagi anak untuk latihan bela diri ini?

Dilansir dari laman klikdokter.com, beberapa ahli berpendapat waktu yang paling tepat bagi anak untuk mulai latihan bela diri ini adalah sejak berumur 6 tahun. Namun, sebenarnya tak ada aturan tertentu kapan anak sebaiknya mulai olahraga bela diri.

Di usia 6 tahun tersebut, biasanya anak sudah bisa mengikuti intruksi dari pelatih dengan baik. Selain itu, anak pun sudah cukup dewasa dan bisa menghafalkan gerakan-gerakan pada bela diri tersebut dengan baik.

3 dari 3 halaman

Selain itu, anak-anak juga sudah mampu untuk berpikir dengan kritis karena pertumbuhan dan perkembangan otaknya meningkat dengan pesat. Mereka pun bisa belajar kedisiplinan saat berlatih bela diri ini.

Selain melihat dari usia, ada hal penting lain yang perlu diperhatikan untuk mulai latihan bela diri anak. Tentu saja kemauan anak untuk belajar olahraga yang satu ini karena tak semua anak suka berlatih bela diri.

Yang penting, pastikan ibu tak sampai memaksa anak untuk mulai belajar bela diri meskipun olahraga yang satu ini memang penting agar anak bisa melindungi dirinya sendiri. Nah, itulah kapan waktu yang tepat anak ikut olahraga bela diri. Semoga membantu ya Mom.

Join Diadona.id