Kebiasaan Tidur Mangap Pada Anak Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan, Jangan Dibiarkan!

Family | Rabu, 13 Januari 2021 14:37
Kebiasaan Tidur Mangap Pada Anak Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan, Jangan Dibiarkan!

Reporter : Audila Rima Ndani

Ternyata bisa jadi tanda bahaya yang serius lho, Moms!

Memperhatikan tumbuh kembang anak adalah kewajiban bagi setiap orang tua. Seiring dengan berjalannya waktu, anak akan mulai mengembangkan kemampuan dan kebiasaan dalam hidup mereka.

Hal itu yang membuat kita jangan sampai kecolongan dan membiarkan anak mengembangkan kebiasaan buruk sejak dini. Sebuah kebiasaan yang dibiarkan akan memberikan dampak pada anak hingga mereka dewasa.

Salah satu kebiasaan yang sebaiknya nggak dibiarkan adalah tidur mangap atau dengan mulut terbuka. Beberapa anak mungkin memiliki kebiasaan ini dan kita menganggapnya sebagai hal yang wajar.

Namun, dilansir dari Brightside, ada beberapa fakta tentang tidur mangap pada anak yang perlu kita ketahui. Berikut beberapa di antaranya.

2 dari 5 halaman

Bernapas lewat mulut saat tidur bukanlah hal yang normal

 ilustrasi anak tidurilustrasi anak tidur © iStock.com / Sasha_Suzi

Secara alami manusia diciptakan untuk bernapas melalui hidung. Bukan tanpa alasan lho kita melakukannya. Berikut beberapa alasannya:

1. Hidung kita menyaring udara yang kita hirup, membersihkannya dari racun dan partikel asing. Selain itu, udara di lorong hidung menjadi lembab.

2. Hidung kita menghangatkan udara agar suhunya cocok untuk paru-paru kita.

3. Hidung kita membantu kita mencium bau

3 dari 5 halaman

Kemungkinan masalah

 Ilustrasi Anak Tidur di Malam HariIlustrasi Anak Tidur di Malam Hari © shutterstock.com/g/choreograph

Meskipun terkadang bernapas melalui mulut adalah hal yang normal, seperti saat bicara, namun manusia memang seharusnya bernapas melalui hidung. Ada banyak masalah kesehatan yang bisa menyebabkan anak bernapas melalui mulut.

Beberapa di antaranya seperti hidung tersumbat (disebabkan oleh alergi, sinusitis, dan masalah lain), peradangan, atau berbagai jenis penyumbatan (seperti polip). Jika anak mengembangkan kebiasaan tidur dengan mulut terbuka, bisa jadi ada beberapa masalah kesehatan yang disebabkan oleh pernapasan mulut pada anak.

4 dari 5 halaman

Apnea tidur

 Ilustrasi Anak SakitIlustrasi Anak Sakit © 2020 https://www.diadona.id/verywellhealth

Menurut dokter, pernapasan mulut dapat menyebabkan timbulnya apnea tidur atau memperburuk apnea tidur jika orang tersebut sudah mengalaminya. Kondisi anak adalah salah satu konsekuensi kesehatan yang paling serius dari kebiasaan bernapas melalui mulut.

Apnea tidur adalah gangguan tidur yang terjadi ketika napas seseorang tiba-tiba berhenti dan kemudian mulai kembali. Gejala apnea tidur antara lain napas berhenti mendadak saat tidur, dengkuran keras, bangun dengan mulut kering, insomnia, dan kelelahan di siang hari.

Apnea tidur tergolong kondisi yang berbahaya. Selain itu hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan lain seperti jantung, hati, dan metabolisme.

5 dari 5 halaman

Masalah mulut dan gigi

 Ilustrasi Anak SakitIlustrasi Anak Sakit © shutterstock.com

Kebiasaan tidur dengan mulut terbuka juga dapat menimbulkan masalah pada mulut dan gigi. Saat kita bernapas melalui mulut, aliran udara mengeringkan bibir dan seluruh mulut kita, termasuk gusi.

Akibatnya, terjadi perubahan bakteri yang secara alami hidup di mulut kita. Hal ini kemudian bisa menyebabkan kerusakan gigi dan masalah gusi.

Makanya sebaiknya kebiasaan tidur mangap ini jangan dibiarkan terus ada pada anak. Akan lebih baik jika kita segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi hal ini.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

Join Diadona.id