Kenali Perbedaan Pola Tidur pada Bayi yang Baru Lahir

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 27 Januari 2021 07:37
Kenali Perbedaan Pola Tidur pada Bayi yang Baru Lahir
Ternyata kebiasaan tidur bayi baru lahir berbeda dengan yang bayi yang sudah lebih besar lho!

Siapa bilang perjuangan seorang ibu langsung selesai setelah melahirkan? Nyatanya ibu harus berjuang lagi untuk menyusui dan merawat buah hati mereka.

Apalagi setelah bayi lahir akan ada banyak pola kebiasan yang harus kita pahami dari mereka. Salah satunya adalah pola tidur yang sering jadi masalah buat para ibu.

Setiap bayi punya pola tidur yang berbeda-beda. Bahkan ada yang sulit untuk diprediksi.

1 dari 3 halaman

ilustrasi bayi tidur © Diadona

Dilansir dari Verwellfamily, ternyata sering bangun malam adalah salah satu keterampilan bertahan hidup lho. Saat mereka tidur terlalu cepat, kebutuhan makan mereka nggak akan terpenuhi. Dengan kata lain, bangun malam ternyata menjadi bagian penting dari perkembangan bayi yang baru lahir.

Perlu kita pahami bahwa pola tidur bayi akan sangat berbeda dengan orang dewasa. National Sleep Foundation menemukan bahwa bayi yang baru lahir biasanya rata-rata tidur 14 jam sehari, kurang lebih 4 jam.

2 dari 3 halaman

ilustrasi bayi © Diadona

Biasanya mereka akan terjaga antara 1 sampai 3 jam. National Sleep Foundation juga menyatakan bahwa tidur bayi baru lahir nggak bisa teratur. Mereka nggak punya pola yang bisa diprediksi.

Selama fase ini, bayi mungkin hanya tidur beberapa menit atau beberapa jam. Bahkan saat tidur, bayi mungkin sering terlihat aktif.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi © Diadona

Nggak seperti memperlakukan bayi yang lebih tua, sebaiknya kita nggak menyusun jadwa tidur untuk bayi yang baru lahir. Biarkan mereka tidur tanpa pola dengan normal.

Bayi akan menunjukkan caranya sendiri jika dia merasa ngantuk. Tanda-tanda umum yang ditunjukkan bayi saat mengantuk seperti mulai cerewet, menggosok mata, hingga meguap.

Kita bisa meletakkan bayi di atas tempat tidur jika mulai melihat tanda-tanda itu. Meski mungkin nggak semua sepenuhnya berakhir dengan tertidur, tapi paling enggak hal ini bisa membantu mereka agar tidur lebih cepat.

Semoga informasi ini menjawab rasa penasaran kamu ya!

Beri Komentar