Kenapa sih Bayi Suka Reflek Mengisap Benda di Sekitarnya?

Family | Sabtu, 4 Juli 2020 10:37
Kenapa sih Bayi Suka Reflek Mengisap Benda di Sekitarnya?

Reporter : Audila Rima Ndani

Ada penyebabnya lho, Moms!

Mengamati perkembangan bayi menjadi hal yang menyenangkan setiap harinya. Kadang kita nggak sadar bahwa bayi mulai tumbuh dari hari ke hari dan mengembangkan banyak kemampuan.

Mengisap menjadi salah satu kemampuan yang bayi miliki sejak lahir. Saat kita menyentuhkan sesuatu ke dekat mulut mereka, bayi akan memiliki refleks untul langsung mengisap.

Semakin bertambah usia, bayi akan mulai mengisap apa saja yang ada di sekitar mereka dan membuat kita seringkali khawatir. Sebenarnya apa sih penyebab bayi melakukan hal itu?

2 dari 5 halaman

 Ilustrasi Bayi MakanIlustrasi Bayi Makan © 2019 https://www.diadona.id/newsweek.com

Dilansir dari Verywellfamily, refleks mengisap bisa menjadi salah satu refleks terpenting yang dimiliki bayi. Biasanya refleks ini dipasangkan dengan refleks rooting, di mana bayi yang baru lahir mencari sumber makanannya.

Saat mereka menemukan sumper makanannya, bayi akan refleks untuk menghisap dan menelan susu. Bayi kita melakukan hal itu tanpa berpikir terlebih dahulu karena tindakan ini merupakan bagian dari naluri bawaan yang sebenarnya cukup menenangkan bagi bayi.

3 dari 5 halaman

Reflek mengisap merupakan salah satu dari tujuh refleks alami yang dimiliki bayi yang baru lahir. Tindakan ini penting untuk beberapa minggu dan bulan pertama pada kehidupan bayi.

Seiring bertambahnya bulan, bayi mulai secara sadar melakukan tindakan ini. Mereka juga mulai mampu mengendalikan refleks mengisap saat mereka berkembang.

Refleks mengisap sangat penting dalam kegiatan memberi makan bayi. Mereka mulai melakukannya di dalam rahim dan berkembang sepenuhnya setelah 36 minggu.

4 dari 5 halaman

 Ilustrasi Bayi Isap JariIlustrasi Bayi Isap Jari © pexels.com/@victoria-borodinova

Makanya saat kita melakukan USG, mungkin sekilas kita bisa melihat bayi yang sedang mengisap ibu jari atau tangan mereka. Tindakan itu semacam latihan atau pemanasan sebelum mereka mengisap di dunia nyata.

Jika kita menyentuh mulut bayi menggunakan jari, dot, atau puting, mereka akan secara naluriah mulai menisap. Sekitar 2 sampai 3 bulan, mengisap menjadi sebuah tindakan penuh kesadaran daripada refleks.

5 dari 5 halaman

Perlu kita ingat bahwa bayi yang menunjukkan refleks mengisap nggak selalu karena mereka sedang lapar. Bagi bayi, mengisap bisa menjadi kegiatan yang dapat menenangkan dan menyenangkan diri mereka sendiri. Makanya nggak jarang bayi juga punya refleks mengisap jari atau tangan mereka sendiri ke mulut untuk mendapatkan ketenangan.

Semoga informasi ini bisa menjawab rasa penasaran kamu ya!

Join Diadona.id