Kenapa ya Anak Laki-Laki Lebih Suka Main Robot daripada Boneka?

Family | Kamis, 2 Juli 2020 08:37
Kenapa ya Anak Laki-Laki Lebih Suka Main Robot daripada Boneka?

Reporter : Audila Rima Ndani

Hmm, kenapa ya kira-kira?

Punya anak laki-laki atau perempuan merupakan sebuah kebahagiaan dalam keluarga. Pada dasarnya sebagai orang tua kita akan banyak menghabiskan waktu untuk berusaha memahami mereka dan memenuhi kebutuhannya.

Mainan sudah menjadi hal lumrah yang diinginkan oleh anak-anak. Benda itu bahkan bisa menjadi hal yang paling penting dalam kehidupan anak.

Tapi kadang penasaran nggak sih? Kenapa ya anak laki-laki selalu memilih mainan robot daripada boneka?

2 dari 4 halaman

 ilustrasi anak bermainilustrasi anak bermain © 2020 https://www.diadona.id / @ mynannycircle

Dilansir dari Boldsky, umumnya anak di bawah usia satu tahun memang sangat menyukai mainan. Tanpa disadari, mainan sendiri ternyata punya spesifik gender. Anak laki-laki biasanya suka jenis mainan tertentu sementara anak perempuan juga punya yang berbeda.

Kebanyakan anak laki-laki suka mobil dan sepeda, sementara anak perempuan lebih suka boneka dan peralatan dapur. Sebuah studi menemukan bahwa identitas gender pada bayi juga dapat berperan saat mereka memilih boneka atau mainannya.

3 dari 4 halaman

 Anak bermain dengan orang tuanyaAnak bermain dengan orang tuanya © news.yale.edu

Saat anak laki-laki mengambil mainan yang lebih cowok banget, sementara anak perempuan akan memilih mainan feminim, hal itu tentu nggak mengejutkan. Sebuah penelitian dilakukan untuk mendeteksi epran gender dalam pilihan mainan pada anak.

Hasil dari penelitian itu cukup mengejutkan. Ternyata gender sudah memainkan perannya pada usia cukup muda.

Peneliti menggunakan satu set mainan berisi bola, mobil truk, boneka beruang, mobil, peralahan masak, dan boneka cantik. Anehnya anak laki-laki langsung memilih mobil dan bola sedangkan anak perempuan memilih boneka dan peralatan masak.

4 dari 4 halaman

 Ilustrasi Anak BermainIlustrasi Anak Bermain © freepik.com/fwstudio

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa selama masa kanak-kanak, identitas gender sudah mengatur pilihan anak. Ternyata mereka secara nggak sadar telah menentukan preferensi masing-masing berdasarkan gender.

Meski begitu, nggak ada yang salah jika anak menyukai hal yang sebaliknya seperti anak laki-laki yang lebih suka alat masak atau anak perempuan yang lebih suka bermain robot. Pada akhirnya ini semua hanya soal preferensi saja dan semua mainan tentu dibuak dengan tujuan yang baik.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya!

Join Diadona.id