Ini Penyebab Bayi Sering Rewel dan Sulit Dipakaikan Baju

Family | Rabu, 13 Januari 2021 07:37
Ini Penyebab Bayi Sering Rewel dan Sulit Dipakaikan Baju

Reporter : Audila Rima Ndani

Memakaikan baju pada balita kadang terasa sulit dan ternyata ada penyebabnya lho!

Memakaikan baju pada balita bisa menjadi tantangan tersendiri. Beberapa di antara mereka bahkan bisa rewel setiap akan dipakaikan baju.

Tampaknya beberapa balita memang lebih nyaman bertelanjang daripada menggunakan baju. Sementara sebagai orang tua, kita tentu khawatir anak akan terserang penyakit jika nggak dipakaikan baju.

Tapi ternyata kerewelan bayi saat dipakaikan baju ini ada penyebabnya lho Moms! Ternyata mereka punya alasan di balik keinginannya untuk nggak pakai baju.

2 dari 5 halaman

 Ilustrasi BayiIlustrasi Bayi © 2019 https://www.diadona.id

Dilansir dari Today's Parent, ternyata keinginan bayi untuk telanjang saja daripada pakai baju itu cukup umum terjadi. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan hal itu bisa terjadi.

Pertama adalah masalah sensorik. Balita bisa merasa nggak nyaman, bahkan hal kecil saja bisa membuat mereka marah.

Menurut Vanessa Lapointe, seorang psikolog, bisa jadi pakaiannya yang digunakan oleh balita terasa terlalu ketat, punya jahitan yang mengganggu atau tekstur kain yang nggak nyaman sehingga balita menolak menggunakannya. Kita juga bisa mengamati apakah anak kita hanya membenci beberapa jenis pakaian tertentu yang mungkin membuat mereka nggak nyaman menggunakannya.

3 dari 5 halaman

 Ilustrasi BayiIlustrasi Bayi © unsplash

Selain itu, suhu juga bisa menjadi masalah dalam hal ini. Anak-anak sering kali merasa lebih kepanasan daripada orang dewasa.

Tapi di saat yang sama, orang tua lebih khawatir dengan kemungkinan anak kedinginan di malam hari sehingga seringkali kita memakaikan baju pada anak secara berlebihan. Padalah dengan melakukan hal itu, anak akan rewel karena merasa kepanasan.

4 dari 5 halaman

 Ilustrasi Bayi GemukIlustrasi Bayi Gemuk © shutterstock

Seiring dengan perkembangannya, balita juga mulai mengembangkan keterampilan untuk membuka pakaiannya sendiri. Seringkali mereka senang jika berhasil menanggalkan pakaian mereka sendiri.

Jika anak melakukan hal itu, sebaiknya kita nggak perlu marah berlebihan. Justru kita harus memanfaatkan hal itu untuk membuat anak lebih terlibat dalam proses berpakaian.

Kita bisa mengajak anak memilih dua atau tiga pilihan baju. Dengan begitu, mereka akan merasa terlibat dalam membuat keputusan dan lebih tertarik menggunakan baju yang diinginkan.

5 dari 5 halaman

 Ilustrasi BayiIlustrasi Bayi © https://www.shutterstock.com/g/famveldman

Vanessa Lapointe juga menjelaskan bahwa otak balita belum cukup berkembang untuk bisa mengendalikan apa pun yang mereka lakukan. Jadi mereka hanya akan mengulangi tindakan itu berulang kali.

Untuk itu, oran tua harus turun tangan dan membimbing anak dengan ketegasan dan kebaikan. Nggak usah malu jika anak lebih senang telanjang karena pada akhirnya mereka akan paham tentang hal itu saat sudah lebih besar.

Semoga informasi ini bisa menjawab rasa penasaran kamu ya!

 

Join Diadona.id