Kenapa ya Bayi Tiba-Tiba Nangis dan Bangun Saat Ditaruh di Tempat Tidur?

Family | Jumat, 3 Juli 2020 08:37
Kenapa ya Bayi Tiba-Tiba Nangis dan Bangun Saat Ditaruh di Tempat Tidur?

Reporter : Audila Rima Ndani

Ditaruh malah nangis, kenapa sih sebenernya?

Memiliki bayi untuk pertama kalinya pasti membuat kita memiliki segudang pertanyaan yang membutuhkan jawaban. Banyak yang harus kita pelajari biar nggak salah dan membahayakan anak.

Bayi bisa sangat menempel pada orangtuanya. Hal itu mungkin membuat kita jadi kewalahan karena ditaruh sebentar di tempat tidur aja mereka bisa tiba-tiba menangis dan rewel.

Bagi orang tua yang juga harus melakukan aktivitas lain selain menjaga bayi, hal ini pasti sangat menyulitkan. Tapi udah tahu belum sebenarnya apa yang membuat bayi punya kebiasaan begitu?

2 dari 5 halaman

 ilustrasi bayiilustrasi bayi © 2019 https://www.diadona.id / @ asiachiropractic

Dilansir dari Times of India, ternyata nggak hanya orang dewasa yang susah tidur nyenyak tapi bayi juga bisa mengalami hal itu lho. Bayi dan balita benci berasa jauh dari orangtuanya dan meletakkan mereka di dalam boks atau tempat tidur bisa membuat mereka menangis karena bayi membutuhkan perhatian kita.

Selain itu, berikut beberapa alasan yang membuat bayi benci tidur dalam boks atau tempat tidur.

3 dari 5 halaman

Refluks asam

 Ilustrasi BayiIlustrasi Bayi © melrosewakefield.org

Banyak bayi yang lebih suka tidur dengan posisi miring daripada di punggung. Biasanya hal ini terjadi karena masalah kolik atau refluks asam yang bisa muncul ketika berbaring telentang.

Kondisi ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa bayi nggak mau tidur di tempat tidur. Mereka biasanya akan lebih senang dibedong di lengan kita untuk mendapatkan tidur yang lebih nyaman.

4 dari 5 halaman

Rasa cemas

 Ilustrasi BayiIlustrasi Bayi © 2019 https://www.diadona.id

Sekitar usia 6 hingga 7 bulan, kebanyakan bayi mengembangkan kemampuan objek permanen dan mulai bisa membedakan wajah orang di sekitarnya. Saat kita meninggalkan mereka dan meletakkannya di tempat tidur, mereka bisa sadar bahwa kita pasti akan kembali.

Pada saat itulah bayi mulai mengaktifkan rasa cemas dari perpisahan. Mereka nggak terbiasa tidur sendirian dan ingin mendapatkan sentuhan dari orangtuanya. Makanya mereka selalu ingin tidur di dekat kita untuk mendapatkan kenyamanan.

5 dari 5 halaman

Merasa dalam bahaya

 Ilustrasi Bayi TidurIlustrasi Bayi Tidur © Nyana Stoica/unsplash.com

Bayi biasa tidur di lengan ibu dan merasa terlindungi sejak dilahirkan. Saat kita meletakkannya di tempat tidur, mereka bisa menyadarinya.

Bayi akan merasa bahwa mereka akan jatuh atau dalam bahaya karena sudah biasa berada di lengan kita. Makanya mereka akan mulai menangis dan nggak mau pisah dari kita saat diletakkan di tempat tidur.

Semoga informasi ini bisa menjawab rasa penasaran kamu ya!

Join Diadona.id