Kerap Gak PD Soal Parenting Anak? Ini Tips Anti Insecure Mom

Reporter : Riza Umami
Senin, 5 April 2021 18:17
Kerap Gak PD Soal Parenting Anak? Ini Tips Anti Insecure Mom
Pernah takut salah atau gak percaya diri dalam mendidik anak Mom?

Sebagai ibu muda yang baru pertama kali mempunyai anak, mungkin Mom masih belum memiliki banyak pengetahuan tentang parenting. Ada kalanya, kita akan merasa insecure apalagi bila bertemu dengan ibu-ibu yang sudah sangat paham masalah parenting anak.

Menjadi seorang ibu sebenarnya memang bukanlah tugas yang mudah. Mom perlu menambah pengetahuan soal parenting dari membaca, menonton video tentang parenting atau bergabung dengan komunitas parenting. Tentu semua ini pun perlu waktu dan penyesuaian.

Apalagi kalau sebelumnya ibu punya rutinitas yang benar-benar berbeda misalnya sebagai wanita karier dan waktu lebih banyak dihabiskan untuk bekerja. Meski Mom mungkin awalnya merasa gak PD perihal parenting anak, dilansir dari laman theasianparent.com, berikut ini tips anti insecure dalam cara mendidik dan mengurus anak.

1 dari 4 halaman

1. Bergabunglah dengan Komunitas Seputar Parenting

Ilustrasi Wanita Bermain Sosmed © Diadona

Salah satu cara untuk menambah pengetahuan seputar parenting adalah dengan join komunitas semacam ini baik di WhatsApp, Telegram atau media sosial yang lain. Mengobrol dengan para ibu-ibu pun biasanya akan mengurangi rasa gelisah dalam mendidik anak terutama saat ibu tak tahu apakah cara tersebut benar atau tidak.

Biasanya, para ibu-ibu ini pun akan saling support ketika ada anggota komunitas tersebut yang sedang mengalami masalah dengan anaknya. Rasa insecure yang ibu alami pun lambat laun akan hilang ketika bisa mengobrol dari ke hati ke hati dengan ibu lainnya.

2 dari 4 halaman

2. Perbanyak Wawasan Soal Parenting

Ilustrasi wanita bermain gadget © Diadona

Rasa insecure ini biasanya datang ketika kita merasa takut dalam mendidik anak atau beranggapan bahwa ilmu parenting kita ini minim sekali dibandingkan dengan ibu lainnya. Tentu cara yang harus dilakukan adalah memperbanyak wawasan soal parenting.

Zaman sekarang pun Mom bisa mendapatkan informasi dengan sangat mudah yaitu dengan cara membaca buku, membaca artikel-artikel seputar parenting, menonton video, mendengarkan podcast soal anak atau masih banyak lagi cara lainnya yang bisa dilakukan.

3 dari 4 halaman

3. Menyadari Bahwa Tiap Ibu Itu Istimewa

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Mom juga perlu menanamkan pada diri sendiri bahwa setiap ibu itu sebenarnya istimewa. Tentu kondisi yang dihadapi setiap ibu pasti berbeda misalnya ibu yang harus mengurus anak sambil bekerja, ibu yang harus mengurus tiga anak seorang diri, atau lain sebagainya.

Tentulah kita tak bisa membandingkan diri kita dengan ibu lain yang mungkin kondisinya berbeda ataupun juga sama. Kita juga perlu menyadari bahwa berbuat kesalahan itu adalah hal yang wajar termasuk dalam mendidik anak yang terpenting kita tahu di mana kesalahan kita dan segera berusaha untuk memperbaikinya.

4 dari 4 halaman

4. Jangan Lupa Apresiasi Diri dan Me Time

Ilustrasi Wanita Nonton Drakor © Diadona

Agar Mom tak merasa stres dalam mendidik dan mengurus anak yang dilakukan setiap hari tanpa ada cuti, tentunya ibu perlu mengapresiasi diri sendiri atas segala upaya yang sudah dilakukan selama ini dengan sebaik-baiknya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan misalnya dengan me time pergi ke tempat yang ibu suka atau menonton film favorit. Bisa juga dengan membeli makanan-makanan kesukaan ibu seperti pizza, burger, sushi, sate atau yang lain sebagainya. Nah, itulah beberapa tips anti insecure dalam mendidik anak. Selamat mencoba ya Mom.

Beri Komentar