Ketahui Usia Ideal Anak untuk Mulai Diajarkan Puasa

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 14 April 2021 07:37
Ketahui Usia Ideal Anak untuk Mulai Diajarkan Puasa
Usia yang tepat untuk mulai ajarkan puasa pada anak.

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah bagi umat muslim. Banyak dari kita yang melakukan ibadah dan amalan di bulan suci ini.

Seperti yang kita ketahui, beribadah merupakan sesuatu yang harus dibiasakan sejak lama. Maka akan sangat baik jika kita mulai membiasakan anak dengan kegiatan ibadah sejak dini.

Puasa menjadi salah satu kewajiban bagi umat muslim di bulan Ramadan. Banyak orang tua yang mulai ingin mengajarkan puasa pada anak-anak mereka di bulan ini.

Tapi kira-kira berapa ya umur ideal bagi anak untuk bisa mulai diajarkan berpuasa? Yuk, kita simak informasinya.

1 dari 4 halaman

Melatih Anak Berpuasa © Diadona

Dilansir dari Antaranews.com, orangtua bisa mulai mengajari anak berpuasa jika mereka dirasa sudah siap secara mental dan fisik. Hal ini tentu penting untuk dipertimbangkan karena kita harus mengajarkan puasa tanpa paksaan, secara bertahap, dan terasa menyenangkan bagi anak.

Sementara itu, Wanda Bawono yang diketahui sebagai ahli psikologi di Klinik Tumbuh Kembang Terpadu Pela 9 Jakarta mengungkapkan bahwa nggak ada patokan tentang kapan anak bisa mulai diajarkan untuk berpuasa. Namun menurutnya usia enam sampai tujuh tahun merupakan yang ideal.

2 dari 4 halaman

Melatih Anak Berpuasa © Diadona

Anak bisa mulai diajarkan berpuasa saat mereka sudah bisa membedakan mana yang baik dan tidak. Kemampuan bersosialisasi juga bisa menjadi pertimbangan kita dalam hal ini.

Biasanya kemampuan tersebut sudah dimiliki oleh anak di usia enam atau tujuh tahun. Bahkan latihan puasa juga bisa dilakukan saat anak telah melewati masa balita.

" Mengingat pertumbuhan otak yang optimal berlangsung selama masa balita, latihan puasa mulai dapat diterapkan ketika anak telah melewati periode itu," ungkap Wanda, melansir dari Antaranews.com.

3 dari 4 halaman

Melatih Anak Berpuasa © Diadona

Wanda juga menyarankan agar orang tua mengajarkan anak berpuasa secara bertahap. Misalnya, anak bisa mulai dilatih puasa hingga waktu tertentu.

Pertama-tama kita bisa meminta anak untuk berpuasa hingga pukul 10.00. Jika mereka berhasil, kita bisa meningkatkannya hingga setengah hari atau sampai pukul 12.00.

" Setelah anak mampu puasa setengah hari, anak bisa dilatih berpuasa sehari penuh sampai Maghrib," tutur Wanda.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya kita bisa memberikan pujian sebagai motivasi bagi anak saat belajar puasa. Pujian bisa membuat mereka merasa bangga pada diri sendiri.

Sebagai orang tua, kita nggak boleh ragu untuk memberikan pujian pada anak. Hal ini tentu akan memberikan motivasi bagi mereka untuk meningkatkan kemampuan puasanya.

Semoga informasi ini bisa menjawab rasa penasaran kamu ya!

Beri Komentar