Kondisi Ini Menjadikan Operasi Caesar Pilihan Terbaik saat Persalinan

Reporter : Mila
Jumat, 3 Januari 2020 14:57
Kondisi Ini Menjadikan Operasi Caesar Pilihan Terbaik saat Persalinan
Beberapa hal harus dipertimbangkan untuk melakukan persalinan caesar.

Operasi caesar mungkin menjadi pilihan terakhir bagi sebagian besar ibu yang akan segera melakukan persalinan. Risiko komplikasi dan waktu pemulihan yang lebih lama dibandingkan persalinan normal menjadi alasan operasi caesar jadi opsi terakhir.

Meskipun menjadi langkah terakhir, ada beberapa pertimbangan dan kondisi tertentu yang membuat dokter merekomendasikan untuk melakukan persalinan caesar. Dilansir oleh Boldsky (3/1), berikut kondisi yang menjadikan operasi caesar sebagai pilihan terbaik saat persalinan.

1 dari 5 halaman

Preeklamsia

Preeklamsia adalah sebuah komplikasi pada masa kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi/hipertensi dan kerusakan seperti kerusakan organ ginjal. Jika ibu mengalami kondisi ini, maka kemungkinan dokter akan menganjurkan untuk melakukan persalinan caesar. Hal ini dikarenakan ibu hamil penderita preeklamsia akan mengalami gangguan oksigen atau abruptio plasenta (lepasnya plasenta sebelum waktunya), jika memaksakan diri melahirkan dengan normal.

2 dari 5 halaman

Diabetes

Ibu hamil yang menderita diabetes akan cenderung melahirkan bayi berukuran besar. Hal ini dikarenakan diabetes pada ibu mendorong pankreas bayi untuk memproduksi lebih banyak insulin sehingga ukuran bayi lebih besar. Bayi dengan ukuran yang besar tentu saja akan menyulitkan jika dilahirkan melalui persalinan normal. Untuk itu, disarankan untuk operasi caesar agar lebih memudahkan proses persalinan.

3 dari 5 halaman

Fetal Distress

Fetal distress adalah kondisi di mana bayi mengalami kekurangan oksigen atau biasa juga disebut asfiksia lahir. Kondisi ini biasa ditandai dengan denyut jantung bayi yang tidak normal dan gerakan janin yang kurang aktif karena adanya zat asing dalam cairan ketuban.

4 dari 5 halaman

Masalah Plasenta

Plasenta previa adalah kondisi ketika plasenta berada di bawah rahin sehingga menghalangi serviks. Ibu dengan kehamilan trimester ketiga harus waspada dengan kondisi ini Jika dipaksakan melahirkan dengan persalinan normal, maka dapat mengakibatkan perdarahan yang berbahaya bagi janin.

5 dari 5 halaman

Posisi Janin Abnormal

Posisi bayi yang tidak ideal seperti bayi sungsang, menjadi pertimbangan untuk menyarankan ibu melahirkan dengan cara caesar. Jika dipaksakan melahirkan dengan persalinan normal, maka akan berisiko tinggi mengalami cacat lahir karena trauma fisik dan pusar terlilit lehar bayi yang menyebabkan kematian.

Itu tadi beberapa hal yang membuat ibu harus melahirkan secara caesar. Jika ibu mengalami kondisi diatas, ada baiknya untuk mencoba caesar sebagai pilihan utama saat akan bersalin.

Beri Komentar