5 Prinsip Dasar agar Keluarga Aman Ketika Berinternet

Reporter : Riza Umami
Kamis, 4 Maret 2021 08:17
5 Prinsip Dasar agar Keluarga Aman Ketika Berinternet
Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan.

Penggunaan internet tak bisa dipisahkan dengan kehidupan modern sekarang. Kita membutuhkan internet untuk banyak hal mulai dari browsing, komunikasi bahkan sampai pekerjaan. Begitu pula dengan anak-anak zaman sekarang yang kehidupannya begitu dekat internet baik untuk sekolah online atau hal yang lainnya.

Mungkin ibu agak khawatir saat anak menggunakan internet karena ada banyak sekali hal yang bisa dicari di sana baik yang bermanfaat atau malah yang buruk. Memang dunia maya ini tak sepenuhnya aman untuk anak apalagi keamanan dan privasi kini bisa dengan mudah dibobol oleh orang lain.

Dilansir dari laman theasianparent.com, Aldirch Chistoper, Trust & Safety Outreach Strategist Google Asia Pacific menjelaskan tentang prinsip dasar yang perlu dilakukan jika ingin keluarga aman saat berselancar di Internet.

1 dari 5 halaman

1. Cerdas

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Cerdas dalam menggunakan internet, salah satu caranya yaitu dengan mengajarkan buah hati tentang keamanan dan privasi di mana dia harus berhati-hati betul saat membagikan informasi di dunia maya.

Ibu perlu mengajari anak mana informasi yang bisa dibagikan dan mana yang tak boleh. Selain itu, ajari pula anak bagaimana komunikasi yang baik dan buruk ketika berinternet atau misalnya komentar seperti apa yang sebaiknya dia hindari saat memberikan balasan di sebuah unggahan.

2 dari 5 halaman

2. Cermat

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Ibu juga perlu mengajari anak bersikap cermat saat menggunakan internet agar dia tidak mudah tertipu atau dipengaruhi oleh orang asing yang dikenal melalui media sosial. Di dunia maya itu, tak semua orang baik seperti terlihat di fotonya, bahkan beberapa memang punya niat yang buruk.

Dampingi anak dan berikan dia arahan agar lebih cermat dalam menggunakan internet serta berteman dengan orang lain di media sosial. Hal ini penting untuk dilakukan agar anak pun jadi lebih waspada terutama pada mereka yang baru dia kenal di medsos.

3 dari 5 halaman

3. Tangguh dalam Berinternet

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Maksudnya tangguh di sini adalah ibu mengajari anak untuk lebih menjaga privasi mereka yaitu informasi yang berharga misalnya password akun. Ajarkan anak untuk membuat password yang berbeda-beda pada setiap akun online yang dia buat agar tingkat keamanannya makin terjamin dan tidak mudah diretas oleh orang lain.

4 dari 5 halaman

4. Bersikap Bijak

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Salah satu yang tak kalah penting yaitu mengajarkan anak untuk bersikap bijak saat menggunakan internet atau media sosial. Ibu pun perlu memberikan contoh pada anak agar dia pun makin termotivasi untuk meniru ibu. Pastikan bahwa buah hati ini menggunakan internet untuk hal yang bermanfaat.

Peran ibu pun sangat penting di sini yaitu mendampingi sekaligus memberikan pengajaran pada anak. Jadikan internet dan media sosial ini sebagai sumber informasi yang bermanfaat serta jangan disalahgunakan untuk hal-hal yang kurang baik.

5 dari 5 halaman

5. Berani Menggunakan Internet

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Terakhir yaitu buatlah anak berani bertanya ketika ada hal-hal atau informasi tertentu yang ingin mereka cari di internet. Hal ini akan terwujud jika ibu mempunyai komunikasi yang terbuka dengan anak serta mengajaknya berdiskusi, bukan hanya sekadar mendektenya saja. Selamat mencoba Mom.

 

Beri Komentar