Lakukan Cara Ini Supaya Anak Tumbuh dengan Bahagia Sejak Kecil

Family | Selasa, 10 Agustus 2021 07:17

Reporter : Riza Umami

Berikut beberapa caranya.

Tentu setiap orang tua berharap anaknya bisa tumbuh dengan bahagia. Walaupun mungkin itu adalah tantangan tersendiri bagi orang tua bagaimana untuk membuat anaknya tumbuh dengan bahagia apalagi di situasi pandemi di mana aktivitasnya pun serba terbatas seperti sekarang ini.

Anak jadi lebih banyak menghabiskan waktunya di dalam rumah dengan orang-orang terdekatnya saja, bahkan ia pun harus sekolah daring dari rumah juga. Tentu ibu pun perlu menjaga mental anak dalam situasi yang seperti ini.

Lakukan Cara Ini Supaya Anak Tumbuh dengan Bahagia Sejak Kecil
2 dari 6 halaman

Dilansir dari laman orami.co.id, studi dalam Frontiers in Psychology menemukan bahwa 73 persen orang Amerika menilai kebahagiaan anaknya ini merupakan tujuan terpenting mereka dalam membesarkan buah hati dan tumbuh kembangnya.

Manfaat dari memupuk perasaan bahagia pada anak ini akan membuatnya tumbuh lebih ceria dan sehat. Anak pun juga akan mempunyai kemampuan sosial yang lebih baik serta untuk mendukung kesuksesan mereka di masa depan nanti dalam pendidikan dan juga karier. Ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan supaya anak bisa tumbuh dengan bahagia sedari kecil.

3 dari 6 halaman

1. Memberikan Kepercayaan pada Anak

Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak © shutterstock

Langkah pertama yang bisa ibu lakukan untuk mendukung anak agar bisa tumbuh dengan bahagia yaitu dengan cara memberikan kepercayaan penuh kepada buah hati. Berikan anak ruang bebas untuk bergerak dan peran orang tua ini cukup menjadi pengawas serta selalu memberikan dukungan penuh supaya anak bisa mencapai tujuan sesuai keinginannya sendiri.

4 dari 6 halaman

2. Memberikan Anak Waktu Bermain

Ilustrasi Ibu dan Anak di JepangIlustrasi Ibu dan Anak di Jepang © twitter.com/sato_nezi

Di masa anak-anak, tentu mereka masih begitu suka bermain. Dikutip dari psychologytoday.com, bermain ini merupakan sarana yang tepat dan bermanfaat untuk perkembangan buah hati. Ada banyak manfaat dari bermain ini untuk anak misalnya dia jadi lebih percaya diri, belajar untuk bersosialisasi dengan orang lain dan juga meningkatkan keterampilannya untuk memecahkan sebuah masalah yang sedang dihadapi.

5 dari 6 halaman

3. Membiarkan Anak Melepaskan Emosinya

Ilustrasi Anak MenangisIlustrasi Anak Menangis © 2019 https://www.diadona.id/@health.clevelandclinic

Saat anak sedang menangis atau marah, biasanya orang tua akan segera menyuruhnya diam atau berusaha menenangkannya. Padahal, anak pun juga perlu meluapkan emosi negatif yang ada dalam dirinya. Ketika anak memendam perasaannya, hal ini justru bisa membuatnya stres, depresi bahkan mungkin mengalami gangguan pola makan serta emosional hingga dewasa nanti. Oleh sebab itulah, biarkan anak melepaskan emosinya untuk sesaat.

6 dari 6 halaman

4. Memuji Buah Hati

ilustrasi ibu dan anak remajailustrasi ibu dan anak remaja © keytokids.com.au

Langkah yang berikutnya supaya anak bisa tumbuh dengan bahagia yaitu dengan cara memberikannya pujian. Hargai kelakuan baik yang sudah dilakukan oleh buah hati sehingga ia pun akan merasa lebih bahagia. Dikutip dari laman raisingchildren.net.au, anak cenderung mengulangi perilaku yang dipuji atau dihargai dari orang tuanya. Itulah beberapa cara supaya anak bisa tumbuh dengan bahagia, semoga ulasan ini cukup bermanfaat, Mom.

Join Diadona.id