Lebih Baik Pilih Baby Sitter atau Day Care Ya untuk Menjaga Si Kecil Mom?

Family | Minggu, 18 Oktober 2020 08:17
Lebih Baik Pilih Baby Sitter atau Day Care Ya untuk Menjaga Si Kecil Mom?

Reporter : Riza Umami

Pilih yang mana ya?

Sejumlah ibu harus tetap bekerja untuk mencari uang sembari mengurus keluarganya. Tentu itu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan apalagi ketika anak masih kecil dan butuh pengawasan ektra dari orang dewasa.

Mom mungkin akan berusaha mencari solusi dengan mencarikan baby sitter untuk anak atau menitipkan si kecil di penitipan anak seperti day care. Lantas, dari dua pilihan itu kira-kira mana ya yang lebih baik untuk anak?

Sebenarnya, dua pilihan ini sama-sama baik, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi ibu. Selain itu, ibu pun perlu memikirkan aspek lain seperti biaya untuk menyewa baby sitter atau menitipkan anak di day care.

2 dari 3 halaman

 ilustrasi ibu dan anakilustrasi ibu dan anak © Shutterstock

Dilansir dari verywellfamily.com, beberapa kelebihan dari baby sitter ini misalnya ibu bisa memiliki kontrol yang lebih besar akan apa yang diinginkan untuk anak. Ibu bisa menentukan kapan anak makan, mandi dan segala hal yang berhubungan dengan si kecil.

Selain itu ketika menyewa baby sitter, dia hanya akan fokus pada anak ibu saja sehingga ibu tak perlu khawatir anak sampai tidak diperhatikan atau terjadi hal yang buruk pada si kecil.

Untuk waktu, baby sitter pun jauh lebih fleksibel dibandingkan dengan day care yang ada jam tertentunya. Ibu bisa meminta baby sitter untuk menjaga anak dari jam berapa sampai jam berapa dengan tarif tertentu. Namun, memang menyewa baby sitter ini butuh biaya yang lebih mahal dibandingkan day care.

3 dari 3 halaman

 Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak © freepik.com/fwstudio

Di lain sisi, day care pun juga punya beberapa kelebihan misalnya anak bisa mulai untuk membangun keterampilan sosial sejak dini karena di day care nanti dia akan bertemu dengan anak-anak lainnya dan bisa berteman bersama.

Selain itu, biasanya day care punya fasilitas edukasi yang lebih lengkap dibandingkan di rumah seperti beberapa buku, mainan edukatif dan lain sebagainya yang bisa digunakan bersama-sama dengan anak lainnya.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan baby sitter dan day care. Mom tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Join Diadona.id