Lebih Banyak Waktu untuk Main Gadget Bisa Menurunkan Minat Baca Anak, Setuju Nggak?

Family | Selasa, 1 Juni 2021 07:37
Lebih Banyak Waktu untuk Main Gadget Bisa Menurunkan Minat Baca Anak, Setuju Nggak?

Reporter : Audila Rima Ndani

Kebiasaan membaca penting bagi anak lho!

Saat ini kita hidup dalam masa di mana gadget menjadi sebuah kebutuhan. Nggak hanya bagi orang dewasa saja, anak-anak kini juga sudah bisa menggunakan gadget.

Di masa pandemi COVID-19, gadget menjadi barang yang dibutuhkan anak untuk melakukan sekolah jarak jauh. Di samping itu, bermain gadget juga bisa menjadi hiburan bagi anak dan mengurangi stres.

Namun ternyata lebih banyak waktu bermain gadget membuat anak jadi lebih sedikit membaca. Padahal membiasakan anak membaca buku masih menjadi hal yang baik untuk masa depan anak.

2 dari 5 halaman

 Ilustrasi anak dan gadgetIlustrasi anak dan gadget © freepik.com

Dilansir dari Moms.com, sebuah studi baru menemukan bahwa anak-anak usia prasekolah yang menghabiskan lebih banyak waktu menggunakan gadget cenderung lebih sedikit membaca buku bacaan cetak. Pandemi COVID-19 membuat gadget menjadi salah satu benda yang dapat mengalihkan perhatian anak saat orang tua harus menyelesaikan pekerjaan atau hanya untuk memberi hiburan pada anak-anak.

Meskipun memastikan anak merasa senang adalah hal yang baik untuk kesehatan mental dan kesejahteraan mereka, namun kita harus memikirkan dampak lain dari penggunaan gadget. Penelitian terus dilakukan pada durasi penggunaan gadget dan efeknya terhadap anak-anak.

3 dari 5 halaman

 Ilustrasi anak dan gadgetIlustrasi anak dan gadget © pixabay.com

Menurut Medical Xpress dan US News, sebuah penelitian menunjukkan bahwa menonton layar gadget membuat balita dan anak prasekolah kurang punya waktu untuk membaca ketika mereka lebih tua. Studi tersebut dilakukan oleh Alberta Children’s Hospital Research Institute di University of Calgary oleh Brae Anne McArthur sebagai ketuanya.

Studi tersebut menemukan bahwa balita yang menghabiskan waktu regulernya di depan layar dan perangkat elektronik cenderung tidak membaca buku cetak bersama orang tua mereka pada saat mereka berusia 3 tahun. Kemudian siklus itu berlanjut dan mereka akan lebih banyak melihat gadget di usia 5 tahun.

4 dari 5 halaman

 Ilustrasi Anak MembacaIlustrasi Anak Membaca © https://www.shutterstock.com/g/belchonock

Brae menyatakan bahwa nggak semua durasi penggunaan gadget sama. Dia mengatakan bahwa konten " berkualitas tinggi" yang mendidik nggak sama dengan aplikasi game atau video lain yang memiliki banyak iklan.

Bahkan studinya menyatakan bahwa penggunaan gadget nggak selalu buruk. Jadi para ibu yang merasa sedikit bersalah bisa mempertimbangkan konten yang diakses anak saat menggunakan gadget mereka.

5 dari 5 halaman

 ilustrasi anak dan gadgetilustrasi anak dan gadget © Shutterstock.com

Studi ini diikuti lebih dari 2.400 ibu yang memberikan laporan tentang waktu penggunaan gadget anak-anak mereka dan kebiasaan membaca pada tiga interval usia yang berbeda. Hasilnya menunjukkan bahwa balita yang menggunakan gadget lebih sering ternyata lebih jarang membaca saat menginjak usia 3 tahun.

Saat mereka berusia 5 tahun, rata-rata mereka akan lebih banyak mengakses gadget. Hal ini tentu penting untuk diketahui karena buku sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

Join Diadona.id