Mandi Air Dingin Ternyata Punya Banyak Manfaat dan Bagus untuk Bayi

Reporter : Riza Umami
Rabu, 23 Maret 2022 21:21
Mandi Air Dingin Ternyata Punya Banyak Manfaat dan Bagus untuk Bayi
Ini manfaat memandikan si kecil dengan air dingin.

Sejumlah ibu biasanya lebih memilih untuk memandikan bayinya yang masih kecil dengan air hangat. Alaasannya agar anak tidak kedinginan, lebih merasa nyaman, tidak rewel saat mandi dan yang lainnya.

Memandikan air dengan air dingin memang masih menjadi perdebatan di kalangan sejumlah ibu. Ada yang mengatakan lebih bagus memandikan bayi dengan air hangat dan ada pula yang lebih mengutamakan memandikan si kecil dengan air dingin.

1 dari 4 halaman

Menurut Ns Siti Lestari, M.Kep Sp.Kep.An, dosen STIKES Telogorejo Semarang, meski air hangat dipercaya punya manfaat tetapi penggunaannya yang terus-menerus pada bayi bisa menimbulkan terbukanya pori-pori sehingga akan makin besar dan bisa menyebabkan kulit bayi jadi kering dan mudah mengalami iritasi.

Dokter De Moullia yaitu spesialis anak asal Perancis juga berpendapat kalau paparan air hangat pada bayi ini bisa menyebabkan epidermis (lapisan kulit yang terluar) terkikis hingga jadi menipis. Hal ini pun akan menyebabkan anak mengalami masalah kulit kalau tidak diatasi secara tepat.

2 dari 4 halaman

ilustrasi bayi mandi © Diadona

Siti Lestari mengatakan bahwa air dingin ini tidak berbahaya untuk bayi asal si anak dalam kondisi yang kuat dan juga sehat. Bayi dikatakan sehat dan kuat bila lahir di usia kehamilan 37-39 minggu dan juga beratnya minimal 2,5 kilogram serta lahir tanpa komplikasi apa pun.

3 dari 4 halaman

Bayi yang kuat dan sehat ini punya kulit yang lebih tebal dibandingkan anak yang lahir prematur sehingga ia pun lebih mudah beradaptasi dengan suhu lingkungan. Yang perlu diperhatikan saat memandikan bayi yaitu menjaga suhu lingkungan dengan menutup pintu dan jendela serta mandi tak terlalu lama hanya 10-15 menit.

Dikutip dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan oleh pakar kesehatan anak yaitu Prof Dr Rulina Suradi dan Yeni Rustina PhD, memandikan bayi yang sehat dan kuat dengan air dingin punya sejumlah manfaat.

4 dari 4 halaman

ilustrasi bayi mandi © Diadona

Beberapa manfaat itu yaitu meningkatkan jumlah sel darah putih yang berperan untuk sistem imun, bisa mereduksi stres dengan merangsang produksi hormon nor-adrenalin dan juga beta-endorfin yang bisa membuat tubuh si kecil jadi lebih segar, dan juga bisa membuat anak memproduksi panas yang lebih banyak guna menyeimbangkan temperatur tubuh yang dapat memicu metabolisme limpa untuk bekerja lebih optimal lagi dalam melawan bakteri.

Beri Komentar