Melihat Bakat Terpendam Anak Sejak Bayi, Apa yang Bisa Moms Lakukan?

Family | Rabu, 13 Oktober 2021 15:30

Reporter : Kurnia

Ikuti tips berikut untuk melakukan tes pada anak sejak balita

Moms mungkin memiliki rasa penasaran yang cukup besar terhadap pertumbuhan dan masa depan anak. Apakah mereka akan cerdas, mereka memiliki bakat terpendam, atau cenderung memiliki kemampuan yang cukup tinggi?

Saat anak-anak memiliki kerakteristik cukup berbeda dari teman-teman sebayanya, tampaknya anak-anak cenderung memilliki tingkat energy yang lebih tinggi dan memiliki rasa ingin tahu yang kuat.

Anak-anak yang berjalan, berbicara, dan mencapai semua hal lebih awal dari yang lain sepertinya terlalu mencurigakan bagi Moms di rumah. Apakah mereka cerdas? Sekelibat dalam pikiran orang tua setiap melihat perkembangan luar biasa dari anak-anaknya.

Melihat Bakat Terpendam Anak Sejak Bayi, Apa yang Bisa Moms Lakukan?
2 dari 6 halaman

Saat Moms melijhat tanda-tanda perkembangan bakat anak sejak bayi, kapankah orang tua harus melakukan tes IQ untuk mereka? Hal ini bisa dilakukan bersama dengan tips untuk mendorong dan mendukung perkembangan buah hati di rumah, di sekolah, maupun di lingkungan sosialnya.

Untuk melihat bakat anak  sejak bayi, Moms harus paham jika setiap orang tua perlu tahu apabila bayi memiliki batasan, tingkatan, kemampuan, dan garis pencapaiannya sendiri.

3 dari 6 halaman

Tes IQ untuk Bayi

ilustrasi balitailustrasi balita © 2019 https://www.diadona.id / @ manorfarm

Seperti dikutip dari laman verywellfamily.com, Moms perlu tahu jika anak-anak di bawah usia 2 tahun tidak dapat dievaluasi dengan tes IQ. 

Agar Moms bisa melakukan pengujian kepada mereka, terlebih dahulu anak harus memiliki kemapuan verbal dan mampu berbicara. Bahkan jika seorang bayi sudah mahir berbicara, tes IQ tidak dirancang untuk anak-anak semuda ini, lho.

4 dari 6 halaman

Tanda-tanda Bakat pada Bayi

ilustrasi anak pintarilustrasi anak pintar © 2020 https://www.diadona.id / @ wonderopolis

Meskipun tidak ada tes IQ yang dirancang untuk menguji bayi, ada beberapa tanda yang harus diperhatikan jika menurut Moms buah hati di rumah tampak berbakat. 

Tanda pada anak-anak yang berbakat sejak bayi tampak pada kewaspadaan yang ekstrem, kemampuan untuk tetap tenang saat terjaga untuk waktu yang lebih lama, dan kepekaan yang meningkat terhadap stimulasi sensorik. 

Selain itu, anak-anak yang tampaknya kurang tidur bukan berarti tanda mereka memiliki kemampuan yang luar biasa. terkadang hal ini justru menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua.

5 dari 6 halaman

Lantas Apa yang Harus Moms Lakukan?

Ilustrasi ibu dan anakIlustrasi ibu dan anak © 2019 https://www.diadona.id/cogattest.files.wordpress.com

Jadi, apa yang harus dilakukan orang tua jika mereka yakin bahwa bayi mereka sudah lanjut usia dan memiliki bakat? 

Menurut para ahli yang dipercaya, Moms sebaiknya memperlakukan bayi berbakat seperti bayi lainnya. Biasakan untuk membaca bersama demi memupuk kemampuan mereka dan mengajak anak-anak bermain bersama.

Berikan banyak stimulasi melalui musik, buku, dan melakukan permainan menyenangkan atau memenuhi hal-hal yang dibutuhkan setiap bayi untuk terlibat dan menjelajahi dunia mereka. Perlu diingat, bagaimanapun, bayi yang berbakat mungkin membutuhkan lebih banyak stimulasi daripada bayi seusianya ya, Moms.

6 dari 6 halaman

Tes IQ untuk Balita

Ilustrasi Ibu dan Anak di JepangIlustrasi Ibu dan Anak di Jepang © twitter.com/sato_nezi

Secara teoritis, anak-anak yang sudah memiliki kemampuan verbal berada di usia sekitar 2 atau 3 tahun. Pada rentan usia tersebut, bakat terpendam anak-anak sudah dapat diuji. 

Lebih penting lagi, hasil pada usia ini belum tentu akurat karena pada usia tersebut, tes hasil IQ anak-anak belum stabil. Anak-anak pada usia tersebut masih memiliki kemungkinan untuk merubah skornya jika diuji pada tes selajutnya.

 

Join Diadona.id