Menata Rumah dengan Lahan Terbatas? 3 Channel Youtube Berikut Bisa Jadi Referensimu

Reporter : Firstyo M.D.
Jumat, 31 Januari 2020 14:17
Menata Rumah dengan Lahan Terbatas? 3 Channel Youtube Berikut Bisa Jadi Referensimu
Tiga channel Youtube yang bisa kamu jadikan referensi untuk menata rumah yang punya lahan terbatas.

Selama ini mungkin kita kebingungan bagaimana cara menata rumah yang sempit agar tetap bisa terasa nyaman untuk dihuni. Mencari referensi di TV atau majalah tentang rumah juga nggak membantu karena kebanyakan membahas arsitektur dan dekorasi rumah besar nan mewah.

Namun sekarang kamu bisa sedikit bernapas lega. Untuk kita-kita pemilik tempat tinggal sempit, referensi sudah cukup banyak berhamburan. Terlebih belakangan ini gaya hidup minimalis sudah menjadi tren sehingga mulai banyak orang yang beralih ke hunian dengan ruang yang nggak terlalu luas.

Beberapa channel Youtube sudah membahas tentang penataan hunian sempit. Untuk memudahkan, berikut adalah tiga rekomendasi channel ang bisa kamu jadikan referensi.

1 dari 4 halaman

1. Living Big In A Tiny House

Sebuah webseries populer yang dipandu oleh Bryce Langston, seorang penyanyi asal Selandia Baru. Mengunggah video pertamanya pada 18 November 2013, hingga saat ini mereka sudah mengunggah 212 video. Semua video tersebut berfokus pada hunian-hunian berukuran kecil.

Nggak cuma yang berbentuk rumah biasa, beberapa hunian yang ditampilkan juga berupa mobile housing, tenda, dan bahkan rumah pohon.

Rumah mobile © Diadona

Selain konten 'room tour' yang mengulas seluk beluk berbagai hunian mungil di berbagai belahan dunia, kamu juga bisa mendapatkan beberapa tips untuk membangun hunian mungilmu sendiri.

2 dari 4 halaman

2. Never Too Small

Untuk kamu yang prefer tinggal di apartemen, channel Youtube yang satu ini akan sangat bermanfaat. Never Too Small banyak membahas tentang pemanfaatan ruang sempit--kebanyakan merupakan unit apartemen--agar bisa berfungsi maksimal.

Dengan 864 ribu lebih subscribers, channel ini mengulas tentang berbagai hunian yang memiliki luas lahan terbatas, namun bisa dimanfaatkan sedemikian rupa hingga tetap terasa nyaman.

Apartemen © Diadona

Di salah satu episode mereka mengulas tentang hunian yang hanya memiliki luas 15.8 meter persegi. Meski begitu, penataannya sangat nyaman, bisa menjadi inspirasi bagi siapapun yang memiliki hunian dengan luas terbatas. Seperti nama channelnya, hunian nggak akan pernah terasa terlalu sempit kalau kamu tahu cara menatanya.

3 dari 4 halaman

3. Living Loving

Ketersediaan lahan tanah untuk hunian yang semakin terbatas kadang menyulitkan untuk generasi muda Indonesia untuk mempunyai tempat tinggal. Beberapa memilih tinggal di apartemen. Namun untuk beberapa lainnya yang masih tetap ingin mempunyai rumah pribadi, Living Loving bisa menjadi channel rujukanmu.

Jika dua channel sebelumnya merupakan channel Youtube luar negeri, Living Loving adalah channel Indonesia sehingga bisa terasa lebih relatable.

Ruang tamu © Diadona

Salah satu konten andalan channel ini adalah Lovely Nest yang membedah seluk beluk rumah sepasang suami istri muda. Nggak cuma melakukan room tour, terdapat pula sesi interview yang membahas pembangunan rumah dan proses dekorasi mulai dari nol yang bisa kamu pelajari untuk rumahmu sendiri kelak.

4 dari 4 halaman

Kadang kita merasa tempat tinggal yang kita miliki terlalu sempit sehingga nggak bisa menatanya sedemikian rupa agar terasa nyaman. Ternyata yang kita butuhkan hanyalah referensi dan sedikit kreativitas untuk mengakali keterbatasan. Selamat menata rumah!

Beri Komentar